Pemprov Jabar Lakukan Uji Laboratorium Untuk Kali Rasmi, Cilemah Abang Bekasi

Daerah8204 Dilihat

Menurut Budhiyanto, saat ini pihaknya tengah menunggu hasil dari laboratorium. Hasil lab itu, sambung dia, menjadi dasar guna mengidentifikasi lebih lanjut permasalahan di Kali Rasmi. Menurut dia, hasil laboratorium menjadi penting mengingat untuk membuktikan pencemaran air harus memiliki bukti ilmiah.

“Sekarang sedang menunggu hasil laboratorium. Sedangkan Kali Rasmi sendiri, berdasarkan informasi dari Pemda Kabupaten Bekasi merupakan saluran irigasi. Kami juga terus berkoordinasi dengan Pemda Kabupaten Bekasi melalui DLH Kabupaten Bekasi,” ujarnya.

Sebelumnya, Kali Rasmi yang berada di wilayah pesawahan di Karangsetia, Kecamatan Karangbahagia, Kabupaten Bekasi diduga tercemar. Pasalnya, muncul buih atau busa tebal di atas aliran sungai yang berwarna hitam pekat itu.

Busa dan hitam pekat kondisi irigasi Kali Rasmi

Kondisi Kali Rasmi yang memprihatinkan tersebut terekam dan diunggah oleh akun @infobekasi.com di Instagram pada Rabu (3/11/2021) malam. Berdasarkan keterangan di dalam video, disebutkan bahwa aliran Kali Rasmi cukup deras namun berbusa.

“Sekarang mince lagi di sawah mantau Kali Rasmi, katanya sedang ada busa-busa. Ya busanya seperti ini ya lumayan cukup deras. Hitam pekat, kira-kira bagaimana ya kelanjutannya, kasihan nih lingkungan hidupnya,” ujar perekam tayangan tersebut.

Komentar