Pemprov Jabar Lakukan Uji Laboratorium Untuk Kali Rasmi, Cilemah Abang Bekasi

Daerah7630 Dilihat

Kab Bekasi, beritajejakfakta.id – Air kali Rasmi diduga tercemar lantaran hitam dan berbusa, kini Pemerintah Jawa barat sedang menguji air kali tersebut di laboratorium.

Pengujian dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar dan Kabupaten Bekasi. Sampel air untuk diuji diambil dari tiga titik yaitu hulu (titik intrusi awal aliran Kali Cilemah Abang yang mengalir ke saluran irigasi Kali Rasmi) , tengah (antara hulu-pintu air) dan setelah pintu air.

“Bentukan yang masuk ke Kali Rasmi itu busa. Orang awam melihat seperti busa deterjen. Bisa saja karena limbah dari industri atau limbah domestik. Tapi untuk menentukan hal tersebut harus menunggu terlebih dahulu hasil menunggu hasil laboratorium” ucap Kepala Bidang Penataan Hukum Lingkungan DLH Jabar A Budhiyanto dalam keterangannya, Sabtu (13/11/2021).

Menurut Budhiyanto, pengambilan ketiga sampel itu dilakukan untuk mengidentifikasi kandungan air sekaligus titik start pencemaran Kali Rasmi. DLH Jabar juga turut mengukur kadar oksigen di kali tersebut.

“Kemarin Laboratorium Lingkungan Hidup DLH Jabar sudah mengambil sampling dari sebelum dan sesudah jembatan. Kemarin kadar oksigen di dalam air sudah diukur. Sebelum jembatan itu kadar oksigen 1,61 mg/l. Sedangkan setelah jembatan 0,81 mg/l,” tuturnya.

Komentar