Kemenparekraf Optimis Program Stimulus Tingkatkan Geliat Ekonomi UMKM

UMKM795 Dilihat

Jakarta,beritajejakfakta.id – Guna meningkatkan geliat ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan stimulus voucher diskon Rp100.000 untuk setiap transaksi melalui beberapa merchant e-commerce. Bantuan itu merupakan bagian dari Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (PSBBI).

“Minimal transaksinya Rp 200.000 dan itu bisa digunakan ke-11 e-commerce yang telah bekerja sama dengan kami,” papar Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, Kamis (11/11/2021).

Dia menyampaikan, sejauh ini sudah ada 4.000 merchant yang telah mendaftar dan sudah berjalan. Sementara, pihaknya menargetkan sekitar 8.000 merchant yang ikut dalam program ini.

Meski baru berjalan kurang dari dua pekan, Angela menyebutkan program itu sudah dirasakan manfaatnya oleh para pelaku UMKM. Dalam laporannya, sejumlah pelaku UMKM mengaku kewalahan karena barang produksinya habis terjual.

Angela berkata, “hal itu membuktikan bahwa program ini berhasil memberikan stimulus pada perekonomian di masa pandemi. Di luar itu, program ini juga turut meningkatkan kecintaan masyarakat akan produk lokal Indonesia.” Imbuhnya.

Di bagian lain, demi membantu para UMKM, Kemenparekraf juga memberikan kesempatan berupa 500 voucher subsidi atau maksimal Rp50 juta per UMKM. (Red/Sindo/Est)

Komentar