Panduan Budidaya Lobster Air Tawar dari Memilih Wadah hingga Panen

Ekonomi & Bisnis, UMKM3515 Dilihat

Dalam waktu 2 – 3 hari, semua benih akan terlepas dari tubuh induknya. Jika pada saat itu masih ada biji yang menempel, sebaiknya dilepaskan dengan cara menggoyangkan badan induk di dalam air secara perlahan.

  1. Pelestarian benih

Benih yang baru menetas disimpan di kolam penetasan selama 10 hari. Selanjutnya benih dipindahkan ke kolam irigasi untuk dipelihara selama 2 bulan. Usahakan juga agar benih tidak terkena sinar matahari langsung, karena benih masih sangat sensitif terhadap perubahan suhu.

Setelah berumur 8 – 15 hari benih sudah mulai berbentuk seperti lobster dewasa yang memiliki cangkang kepala dan cangkang tubuh. Bibit dapat diberikan pakan tambahan setelah 1 minggu, berupa ulat sutera, tepung kacang tanah, daging udang, atau pelet udang yang dihaluskan. Bibit lobster dapat dipanen pada umur 70 hari dengan panjang 5 cm.

“Setelah benih dilepas dari induknya, kemudian induk betina dipisahkan dari benih lobster ke wadah pemeliharaan induk, dan diberi pakan yang mengandung protein tinggi, sampai induknya molting dan bisa bertelur kembali,” ujarnya.(Red/kmps/Ayu)

Komentar