Panduan Budidaya Lobster Air Tawar dari Memilih Wadah hingga Panen

Ekonomi & Bisnis, UMKM3464 Dilihat

Jakarta, beritajejakfakta.id – Budidaya lobster saat ini menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Sebagai salah satu komoditas perikanan yang menjanjikan, lobster air tawar dapat dibudidayakan dalam skala kecil.

Seperti diketahui, harga lobster per kilogramnya mencapai Rp 200.000-Rp300.000.
Namun, penggarapannya bisa memanfaatkan lahan di sekitar tempat tinggal.

Untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, Badan Penelitian dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM KP) melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Medan memberikan pelatihan kepada masyarakat tentang cara pembenihan lobster air tawar.

Panduan budidaya lobster adalah sebagai berikut:

  1. Wadah/media penyemaian

Dalam penangkaran lobster air tawar, Anda perlu menyediakan beberapa wadah untuk penangkaran lobster air tawar yaitu akuarium, bak plastik atau fiberglass , dan kolam semen yang semuanya membutuhkan peralatan pendukung.

Menurut Kepala Puslatluh KP Lilly Aprilya Pregiwati, penggunaan akuarium sebagai wadah penangkaran lobster air tawar bisa disesuaikan dengan ruang yang tersedia. Akuarium untuk lobster air tawar bisa dibuat dengan ukuran panjang 1 meter, lebar 0,5 meter, dan tinggi 0,4 meter.

“Ketinggian maksimum air dalam akuarium adalah 30 cm. Akuarium sebesar itu cukup untuk memelihara satu paket induk (5 betina dan 3 jantan) atau 100 sarang berukuran 1 inci,” kata Lilly dalam siaran pers, Minggu (8/8/2021).

Komentar