Panduan Budidaya Lobster Air Tawar dari Memilih Wadah hingga Panen

Ekonomi & Bisnis, UMKM3512 Dilihat
  1. Memilih dan memperlakukan calon orang tua

Induk berperan penting dalam proses penyemaian, karena keturunannya dipengaruhi oleh kualitas induk yang digunakan. Dalam pembibitan lobster air tawar , pembudidaya umumnya memiliki lima paket induk yang terdiri dari 25 betina dan 15 jantan.

Lilly mengatakan calon induk yang memenuhi syarat adalah yang paling cepat pertumbuhannya, nafsu makannya besar, gerakannya lincah, warnanya cerah dan disarankan untuk tidak memilih lobster air tawar yang berkepala besar dan berbadan kecil, karena menandakan kekurangan pakan.

  1. Pemijahan induk lobster

Kandidat yang dipijahkan berumur 10 – 12 bulan atau saat panjang tubuhnya mencapai 15 – 17 cm. Induk jantan dan betina yang akan dipijahkan digabung dalam akuarium berukuran 40 x 40 x 30 cm dengan ketinggian air 20 cm.

Jumlah induk yang ditebar dalam wadah pemijahan adalah 3 jantan dan 5 betina. Lilly menjelaskan, dalam wadah pemijahan diberi tempat persembunyian berupa pipa paralon. Jumlah dan ukuran shelter harus disesuaikan dengan jumlah dan ukuran induk.

“Proses pemijahan ditandai dengan munculnya telur di perut, kemudian betina diinkubasi ke dalam wadah perawatan telur,” tambah Lilly.

Komentar