WhatsApp, Facebook, dan Instagram Sempat Down, Apa Benar Karna Dihack?

Wakil Presiden Infrastruktur Facebook, Santosh Janardhan, mengkonfirmasi bahwa ” perubahan konfigurasi ” pada ” router backbone” itulah yang membuat server down selama 6 jam.

“Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini. Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, sehingga menghentikan layanan kami,” ucap Santosh Janardhan.

“Layanan kami sekarang kembali online dan kami secara aktif bekerja untuk mengembalikannya sepenuhnya ke operasi reguler. Kami ingin memperjelas saat ini bahwa kami yakin akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah. Kami juga tidak memiliki bukti bahwa data pengguna telah disusupi sebagai akibat dari waktu henti ini,” lanjutnya.

  1. Akses melalui server yang sama.

Facebook menjelaskan sistem internal mereka melalui server yang sama sehingga tidak dapat digunakan jika server tersebut sedang offline.

Dari kejadian di atas dapat kita pelajari bahwa jangan lupa untuk mengecek kembali kebenaran apa yang kita baca. Terlebih lagi fakta soal server down milik Facebook, Instagram dan Whatsapp, belakangan beritanya melibatkan anak di bawah umur. Sangat disayangkan jika ada orang membagikan beritanya tanpa mengecek ulang kebenarannya terlebih dulu. (Red/Popmama/Glh)

Komentar