Dubes As dan PBB di Jakarta Didemo Ratusan Massa Kecam Israel dan Dukungan untuk Palestina

Jakarta, beritajejakfakta.id – Puluhan ribu pengunjuk rasa di seluruh dunia telah menuntut diakhirinya pengeboman dan blokade total Israel di Gaza, yang telah memakan korban jiwa Palestina sekitar 3.758 orang, menurut kementerian kesehatan Gaza pada Kamis.

Begitu juga di Indonesia, ratusan pengunjuk rasa di turun ke jalan untuk meramaikan aksi dukung Palestina di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.

Aksi demonstrasi memprotes dukungan Amerika pada Israel pasca serangan Hamas ke negara itu akhir pekan lalu terus meluas. Ratusan orang yang merupakan gabungan dari Forum Persaudaraan Islam (FPI), Gerakan Nasional Pembela Fatwa Ulama (GNPF-U) dan Alumni 212 Rabu sore (11/10) mendatangi Kedutaan Besar Amerika di Jakarta.

Dilangsir dari Tempo, ratusan massa juga menggelar aksi berjalan dalam long march menuju kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di daerah Menteng, Jakarta Pusat.pada Jumat, 20 Oktober 2023.

“Kita di sini berpihak kepada negara yang harusnya merdeka,” kata salah satu peserta aksi dalam orasinya di atas mobil komando.

Ada sekitar 200 peserta aksi yang mulai berkumpul di depan gedung Kedubes AS sejak pukul 14.00 WIB, kata seorang polisi yang mengawal aksi.

Pecahnya pertempuran terbaru ini diawali dengan serangan Hamas pada Sabtu, 7 Oktober 2023 yang menewaskan setidaknya 1.400 warga Israel.

Selain berorasi, kerumunan juga membakar bendera Israel dan foto Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Perdana menteri itu sebelumnya berjanji untuk “menghancurkan Hamas”, sebelum mengerahkan pasukan Israel untuk mempersiapkan invasi darat di Gaza. Seluruh warga sipil diperintahkan untuk mengevakuasi bagian utara Jalur Gaza, termasuk Kota Gaza.

Komentar