Bukti Bahwa Megawati Soekarnoputri Meninggal Dunia Hoaks

Nasional, Politik969 Dilihat

Jakarta,beritajejakfakta.com – Setelah diisukan sakit, kini muncul kabar kabar mantan Presiden Megawati Soekarnoputri meninggal dunia. Namun dipastikan, kabar Megawati meninggal dunia itu adalah hoaks.

Bagaimana kabar hoaks Megawati meninggal ini beredar? Berikut rinciannya:

Awalnya, kabar Megawati meninggal dunia viral di media sosial TikTok. Postingan Megawati meninggal dunia tersebut diunggah oleh akun TikTok, @jatim070881. “Benarkah Megawati Soekarnoputri Meninggal PDI Perjuangan Di ambang Perpecahan” tulis akun tersebut.

Pihaknya sembari mengunggah video yang menunjukkan beberapa gambar Megawati yang disertai narasi suara video sebagai berikut: “PDIP berduka cita atas meninggalnya Ketua Umum PDIP yaitu Ibu Megawati Soekarnoputri”

Pada gambar selanjutnya terlihat sebuah video bergambar politisi PDIP Henry Yosodiningrat menyampaikan narasi sebagai berikut:

“Kami para politisi dari PDI Perjuangan banyak belajar dari almarhum beliau meninggalkan kesan dan kenangan yang sangat baik sangat mendalam”.

Unggahan tersebut sudah dibagikan ulang lebih 13,5 ribu kali, disukai lebih 22,3 ribu pengguna, dan lebih dari 4.652 komentar. Postingan tersebut juga telah dilihat hingga 1,5 juta kali. #fyp #beritatiktokviral #fyp? ? suara asli – @Jatim

Kompas.com mencoba menelusuri kebenaran terkait video viral informasi yang menyebut Megawati meninggal dunia.
Dari hasil penelusuran, informasi bahwa Megawati Soekarnoputri meninggal dunia tersebut adalah tidak benar.

Unggahan video memperlihatkan Henry Yosodiningrat seolah menyampaikan ucapan bela sungkawa atas meninggalnya Megawati.

Namun, video tersebut adalah video lama yang kemudian dipotong.
Video asli dari potongan video tersebut merupakan ucapan belasungkawa Henry atas meninggalnya Nazarudin Kiemas, yang merupakan adik dari almarhum Taufik Kiemas, suami Megawati Soekarnoputri.

Hal tersebut sebagaimana terlihat dalam video asli yang diunggah akun Youtube Lintas Parlemen. Video itu berjudul “Bukan hanya PDIP Berduka-INDONESIA pun IKUT BERDUKA” dan merupakan video lama yang diunggah pada 5 April 2019.

Belakangan, Megawati memang tengah didera dengan berbagai kabar hoaks terkait kondisi kesehatannya.

Namun, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (11/9/2021), Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto membantah informasi tersebut.

Selain itu, Megawati juga tampil di hadapan publik guna mengisi acara Pembukaan Training of Trainer (TOY) Pendidikan Kader Madya PDI-P secara virtual di kediamannya di Jalan Teuku Umar. pada Jumat (10/9/2021)

Dalam kesempatan itu, Megawati menegaskan bahwa dirinya sehat ia juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan doa yang diberikan kepadanya. “Alhamdulillah saya dalam keadaan sehat walafiat, tidak kurang satu apa pun dan terima kasih atas perhatiannya dan doanya,” kata Megawati.

Dengan demikian, dapat disimpulkan, informasi video viral di TikTok mengenai meninggalnya Megawati adalah hoaks.

Megawati adalah Presiden RI ke-5 yang menggantikan Gus Dur yang diberhentikan dalam Sidang MPR. Megawati tercatat sebagai presiden wanita pertama di Indonesia.

Pemilik nama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri ini merupakan putri Presiden RI pertama, Soekarno. Megawati menjadi ketua umum PDI-P sejak tahun 1999.

Isu Megawati sakit memang mengundang perhatian. Pasalnya, usia Megawati sudah cukup tua. Lahir pada 23 Januari 1947, kini usia Megawati adalah 74 tahun.(Red/kmp/Ayu)

Komentar