Kemaren FB, IG dan WA Alami Gangguan. Jubir FB Upayakan Perbaikan

Jakarta, beritajejakfakta.id – Layanan media sosial utama Facebook, Instagram, dan WhatsApp mengalami gangguan besar-besaran atau down pada Senin (4/10/2021) malam.


Berdasarkan situs pelacakan, Downdetector gangguan berpotensi berdampak pada puluhan juta pengguna menunjukkan gangguan terjadi di daerah padat penduduk seperti Washington dan Paris.

Saat ini, Facebook dan Instagram dipastikan sudah kembali bisa digunakan. Namun, pada sejumlah perangkat, Whatsapp masih nampak bermasalah.

Ini bukan kali pertama aplikasi besutan perusahaan yang dibangun Mark Zuckerberg itu bermasalah. Pada Juni dan April tahun ini, sejumlah aplikasi juga mengalami hal serupa.

Tidak hanya berdampak offline di seluruh dunia, saham Facebook juga dilaporkan turun 4,89 persen pada Senin, waktu setempat.Kinerja ini jadi yang terburuk bagi Facebook selama hampir satu tahun, angka ini juga jadi penurunan terburuk sejak penurunan lima persen yang tercatat pada 9 November 2020.

Akibat gangguan itu, pengguna yang mencoba mengakses Facebook di area yang terkena dampak disambut dengan pesan: “Ada yang tidak beres. Kami sedang mengerjakannya dan kami akan memperbaikinya secepat kami bisa.”

Komentar