Jurnalis Bebas  Menulis Tapi juga Memiliki Tanggung Jawab, Karena Tulisan Hitam dan Putih bisa Pengaruhi Persepsi Publik

Daerah, Headline, Nasional1712 Dilihat

Kota Bekasi – Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online Kota Bekasi akan melaksanakan Musyawarah Besar Daerah 1 (Mubesda) Kamis, 8 Maret 2023 atau 2 hari jelang HUT Kota Bekasi ke- 26.

Sebagai organisasi insan pers yang masih muda, IWO dituntut bisa memberikan kontribusi dalam penyampaian informasi publik kepada masyarakat.

Untuk menghadapi tantangan di era digitalisasi informasi, jurnalis dituntut untuk Cerdas dan  Beretika, karena masyarakat telah memiliki kecerdasan tersendiri dalam menyaring informasi yang disampaikan oleh Jurnalis.

Untuk menjawab tantangan tersebut dibutuhkan kehadiran pers yang profesional, proporsional, kompeten, beretika, bermartabat, taat Kode Etik, taat etika sosial dan taat hukum. PD IWO Kota Bekasi harus terus mengedukasi dan memperbaiki marwah jurnalis ke hal-hal yang positif.

Jika Jurnalis Cerdas Beretika, maka pembaca informasi juga akan cerdas. Tata cara penulisan yang by data, berimbang, mencerahkan tidak mengurangi penulisan yang kritis komprehensif.

Sikap kritis tetap harus menjadi pegangan sebagai lembaga penyeimbang dalam mengontrol kekuasaan dan pembangunan. Profesi jurnalis sebagai penyampai pesan, harus menyampaikan kebenaran bukan kebohongan (hoax).

Komentar