Ali Syaifa : Kirab Pemilu Jadi Sarana Sosialisasi, Edukasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pesta Demokrasi Damai

Headline, Nasional, Politik2117 Dilihat

Kota Bekasi, beritajejakfakta.id -Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024, KPU Kota Bekasi bersama Pemerintah Kota Bekasi dan Bawaslu Kota Bekasi mengelar Kirab Pemilu 2024 dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, Minggu (19/11/2023).

Dalam pelaksanaan kirab tersebut dilakukan penyerahan 18 bendera partai politik diusung dalam acara Kirab Pemilu 2024 serta juga dilakukan penyerahan bendera kirab dari KPU Kabupaten Bekasi kepada KPU Kota Bekasi.

Ketua KPU Kota Bekasi, Ali Syaifa menuturkan Kirab Nasional Pemilu 2024 merupakan kegiatan yang bersifat nasional yang menjadi salah satu program KPU RI dalam mensosialisasikan Pemilu kepada masyarakat Indonesia agar ikut berperan aktif dalam pesta demokrasi yang Jurdil.

“Kita semua berharap masyarakat Kota Bekasi mengunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 dengan cerdas (smart) dan rasional (rational), ” jelasnya.

Ali Syaifa mengatakan, Kirab Pemilu menjadi sebuah sarana sosialisasi dan edukasi pada masyarakat sebagai aktor utama dalam proses demokrasi.

“Oleh karenanya kirab Pemilu menjadi vital dan strategis dalam meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak suara pada pemilu 2024 dengan Bebas merdeka independen dalam arti pilihan sendiri serta bertanggung jawab,” kata Ali.

Nantinya pelaksanaan Pemilu 2024 yang diikuti oleh 18 (delapan belas) partai politik peserta Pemilu 2024 di Kota Bekasi akan menghasilkan 50 (lima puluh) Anggota DPRD Kota Bekasi pilihan masyarakat Kota Bekasi.

“Harapannya angka parisipasi masyarakat dalam pemilu mendatang tinggi mencapai target partisipasi nasional sebesar 81%,”ucapnya.

Ketua KPU Ali Syaifa menandatangani Berita Acara serah terima Bendera Kirab Nasional Pemilu 2024 dari KPU Kabupaten Bekasi

Ia menekankan pentingnya memanfaatkan media sosial untuk memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, selain tentu saja memberikan sosialisasi kepada semua segmen termasuk pemilih muda atau pemula, bebernya.

Sementara Ketua KPU Propinsi Jawa Barat, Ummi Wahyuni mengatakan Kirab Nasional Pemilu 2024 untuk wilayah di Jabar, Kabupaten dan Kota Bekasi merupakan wilayah terakhir di Jabar.

“Setelah Penyerahan Bendera Kirab dari Kabupaten Bekasi ke Kota Bekasi, selanjutnya Bendera Kirab ini akan kita serahkan ke KPU Pusat di Jakarta,” terangnya.

Komentar