Propam Polri Jatuhkan Sanksi Ribuan Polisi “Nakal”

Hukrim3396 Dilihat

Kasus narkotika di kalangan polisi mengalami penurunan paling signifikan, yakni 49,8 persen dari 652 kasus pada 2020 menjadi 327 kasus tahun ini. Namun demikian, perkara berkaitan tindak pidana pencabulan justru meningkat 11,6 persen dari 77 kasus pada 2020 menjadi 86 kasus.

Upaya pencegahan dan mitigasi pelanggaran anggota kepolisian itu dilakukan dengan cara penguatan soliditas internal, membangun kapasitas, uji kompetensi, dan sharing problem/knowledge/experience. Sedangkan, upaya preventive berupa, perhatian dari pimpinan, SOP & prosedur, validasi status, mutasi karena diskresi piminan, dan sistem pengambilan keputusan.

Aksi aparat kepolisian kerap menjadi sorotan publik dalam sepekan terakhir. Terdapat sejumlah polisi yang disebut sebagai oknum bertindak melawan hukum dan tak sesuai prosedur di Korps Bhayangkara.

Rentetan kejadian itu turut menjadi bantu sandungan bagi pemimpin di masing-masing kesatuan kewilayahan. Mereka dicopot karena dianggap bertanggung jawab atas kinerja anak buahnya.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengultimatum kinerja anak buahnya yang melanggar hukum. Ia menyatakan akan memberi sanksi tegas kepada pemimpin di Polri yang tak bisa menjadi teladan. (Red/CNN/Est)

Komentar