Lestarikan Budaya Sunda, Caleg PKB Sebut Ronggeng Gunung Lahir di Pangandaran

Foto : DPC PKB Pangandaran dan Komunitas Seni Pakidulan (KOMPAS) menggelar Ngibing Bareng Bersama Caleg DPR RI H. Yanuar Prihatin

Pangandaran,beritajejakfakta.id – DPC PKB Pangandaran dan Komunitas Seni Pakidulan (KOMPAS) menggelar Ngibing Bareng Bersama Caleg DPR RI H. Yanuar Prihatin dengan pagelaran Seni Budaya Ronggeng Gunung yang dilaksanakan di Sagati, Desa Margacinta, Pangandaran.

Menurut Ketua DPC PKB Pangandaran Otang Tarlian mengatakan kegiatan ini terselenggara oleh PKB dengan Komunitas Seni Pakidulan (KOMPAS) yang konsentrasinya adalah seni ronggeng bersama PKB.

“Alhamdulillah juga bahwa pendanaan dan segala macamnya ini disupport oleh H. Yanuar Prihatin sebagai anggota DPR RI, ” terangnya.

Tahun ini juga beliau kembali mencalonkan diri untuk Caleg DPR RI Dapil X (Pangandaran, Ciamis, Banjar dan Kuningan).

“Selain itu, beliau mendorong bahwa kebudayaan seni pakidulan ini tetap eksis, tetapi juga beliau juga berharap saling doakan saling dorong dalam kepentingan secara politik kepentingan secara politik calon PKB baik tingkat pusat sampai tingkat Kabupaten,”ujar Otang disela kegiatan, Minggu (21/01/2024).

Bukan hanya itu, beliau mendorong supaya kebudayaan ini tetap eksis dan malah berharap menjadi kekayaan budaya khususnya Kabupaten Pangandaran karena memang budaya ronggeng gunung ini adalah murni milik Kabupaten Pangandaran.

Karena seni ronggeng di Pangandaran adalah salah satu budaya yang asli lahir dari Pangandaran itu adalah ronggeng gunung yang hari ini juga banyak perkembangannya. Ada ronggeng amen dan ronggeng sebagainya.

“Kita menginginkan bahwa ronggeng gunung ini menjadi kekayaan Pangandaran untuk menuju Pangandaran ini mendunia jadi mendunianya Pangandaran bukan karena budaya orang, tapi kita berharap oleh budaya kita sendiri dan oleh kekayaan alam kita sendiri,”kata otang yang juga caleg DPRD Pangandaran Dapil 4 (Cijulang-Cimerak) ini.

Sehingga Otang berharap ke depan di Kabupaten Pangandaran ada pagelaran seni budaya lokal yang rutin, seperti budaya barat yang rutin digelar dan sponsornya banyak sekali, ada DJ dan segala macamnya setiap malam Minggu.

Komentar