Kemenhub,Jasa Raharja dan Korlantas Polri Adakan Rakor Persiapan Angkutan Lebaran 2024 dan Pengamanan Arus Mudik di Jabar

Headline, Nasional489 Dilihat

Bandung, beritajejakfakta.id– Jasa Raharja, Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, dan sejumlah instansi terkait menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Lebaran 2024/1445H di Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan tersebut digelar di Gedung Pakuan Rumah Dinas Gubernur Jabar, Bandung, pada Minggu (31/03/2024).

Agenda yang dipimpin langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi itu, dihadiri antara lain ; Kakorlantas Polri Irjen Pol. Aan Suhanan, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, Pj. Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin, Kapolda Jabar Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK, M. Si, MM, Pangdam IlI Siliwangi dan sejumlah perwakilan instansi terkait lainnya.

Rivan menyampaikan bahwa rapat koordinasi lintas instansi merupakan salah satu agenda rutin tahunan guna mengantisipasi pelaksanaan mudik Lebaran.

Terlebih, Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki titik rawan kepadatan arus lalu lintas setiap mudik Lebaran.

“Rakor gabungan ini tentunya dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan dan kelancaran arus lalu lintas,” ujarnya.

Rakor lintas instansi tersebut merupakan agenda lanjutan dari kegiatan-kegiatan serupa yang sebelumnya juga telah dilaksanakan.

“Intinya, kami bersama-sama menyamakan persepsi dan kolaborasi sehingga pada saatnya nanti sudah ada SOP yang jelas di lapangan,” tambah Rivan.

Dalam agenda itu, Menteri Perhubungan mengapresiasi kolaborasi yang terjalin baik antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, TNI/Polri, serta berbagai pihak dalam mengamankan dan mempersiapkan angkutan Lebaran 2024.

Lebih lanjut, Menhub menyampaikan hal-hal khusus yang menjadi perhatian di Jawa Barat, di antaranya terkait pengamanan di tol Cipali dan Cisumdawu, serta potensi adanya kendaraan over dimention over load (ODOL).

“Pemudik yang parkir di bahu jalan itu akan menjadi masalah. Saya mengapresiasi rencana pendekatan persuasif dari kepolisian untuk menugaskan polwan guna menertibkan para pemudik di tol,” imbuhnya.

Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar