Tonny Rosyid Nilai Prilaku Gibran di Debat Cawapres ke 2 Cukup Parah Soal Etika

Headline, Nasional, Politik1439 Dilihat

Tonny mengatakan publik harus mengakui bahwa pada debat pertama yang lalu, Gibran lebih lepas dan berhasil mendominasi jalannya debat dibanding Prof.Mahfud dan Gus Imin.

“Wajar saja, karena Gus Imin mash punya beberapa menteri di kabinet Jokowi, sementara Pak Mahfud MD masih menjadi menteri aktif. Jadi keduanya lebih menjaga diri aga tak memiliki efek jelang akhir jabatannya,” ujar Tonny sebagaimana disiarkan di chanel YouTube Rafly Harun, Senin (22/1/2024).

Tonny menilai debat pertama dijadikan kesempatan Gibran untuk menunjukan dirinya sebagai representasi anak muda yang bisa menguasai materi debat.

Namun di debat kedua itu menjadi kesempatan Gus Imin dan Prof. Mahfud untuk memberikan perlawanan terhadap Gibran.

“Karena sebelumnya mereka masih mengkalkulasi. Tapi di debat semalam Gibran dinilai tidak menguasai materi dibanding Gus Imin dan Prof.Mahfud, ” ujar Tonny.


Para calon wakil presiden tampil di babak terakhir dalam Debat Keempat Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pemilu 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Debat keempat ini mengambil tema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Debat ini menghadirkan tiga cawapres dalam Pemilu 2024 yaitu Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Masing-masing cawapres mengutarakan gagasan masing-masing dalam perhelatan debat keempat ini.

Tonny menilai bahwa di debat kedua cawapres semalam, Gus Imin jika dinilai dari kalkulasi presentasenya naik 180 derajat dibanding saat debat pertama.

Sementara itu, Prof Mahfud juga menunjukkan kemampuannya dalam debat kedua cawapres tersebut. Artinya, baik Gus Imin maupun Prof. Mahfud dalam debat semalam lebih konfiden.

“Saya menilai baik Gus Imin maupun Prof Mahfud sudah cukup matang pengalaman dan memiliki jam terbang tinggi dalam berpolitik. Jadi di debat kedua itu sudah keluar siapa sebenarnya diri mereka. Kemudian di debat kedua ini keduanya dinilai tidak terbebani status mereka di kekuasaan,” tegas Tonny.(Red)

Komentar