The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research Bagi-bagi Rice Cooker Gratis: Kejar Target Tahun Politik

Headline, Nasional1579 Dilihat

Jakarta, beritajejakfakta.id – Baru-baru ini, Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral membuat program bagi-bagi _rice cooker_ gratis dalam rangka mendorong pemanfaatan energi bersih dari rumah tangga.

Rencana tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM No 11 Tahun 2023 tentang Penyediaan Alat Masak Berbasis Listrik bagi Rumah Tangga.

Menanggapi hal tersebut, Felia Primaresti, Peneliti Bidang Politik The Indonesian Institute, Center for Public Policy Research (TII), menyampaikan pendapatnya bahwa hal ini termasuk kebijakan yang dinilai sangat politis.

Menurutnya, apabila pemerintah memang berniat untuk mendorong pemanfaatan energi bersih, mengapa program ini tidak dilaksanakan dari lama dan justru baru akan dimulai berbarengan dengan tahun politik menuju Pilpres 2024.

Felia juga menambahkan bahwa, program bagi-bagi _rice cooker_ gratis ini memakan anggaran yang sangat besar yaitu Rp 347,5 Miliar.

“Dengan angka yang sebesar itu, patut rasanya masyarakat mencurigai adanya potensi penyalahgunaan, berupa korupsi dan nepotisme dari pengadaan barangnya, ” jelasnya.

Komentar