Merdeka Belajar, Program Andalan Dunia Pendidikan Pemerintahan Jokowi-Maruf

Nasional, Pendidikan3241 Dilihat

Terkait Program Sekolah Penggerak misalnya, merupakan terobosan menarik. Program yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik (kompetensi literasi dan numerasi, dan juga karakter ini merupakan dasar untuk membangun ekosistem pendidikan yang berkualitas ke depan.

Sekolah Penggerak mendorong perkembangan dan proses transformasi sekolah agar mampu menghasilkan siswa dengan Profil Pelajar Pancasila(sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id). Caranya, diawali dengan SDM pemimpin pembelajaran yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Pada 2021-2020, Sekolah Penggerak menyasar 2.500 sekolah di 34 Provinsi dan 111 Kabupaten/Kota. Hal ini merupakan terobosan penting agar sekolah bisa berkembang dan tidak terbelenggu rutinitas yang stagnan. Kita harapkan ke depan Sekolah Penggerak terus melahirkan guru dan kepala sekolah bermutu sehingga bisa menghadirkan proses pembelajaran yang berkualitas pula.

Kemudian, KIP Kuliah Merdeka juga merupakan program yang terbukti membantu terwujudnya asa para siswa untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi dan berprestasi meski di tengah keterbatasan ekonomi. Dana KIP Kuliah pun mengalami peningkatan dari Rp 1,3 triliun pada 2020 menjadi Rp2,5 triliun di tahun 2021. Perguruan Tinggi pun banyak merespon positif program KIP Kuliah.

Seperti dikatakan Samsul Rizal, Rektor Unsyah, bahwa serapan kuota KIP Kuliah untuk Unsyiah mencapai 100 persen dan pembayaran biaya hidup dilakukan tepat waktu. Para penerima KIP Kuliah pun mampu menyelesaikan kuliahnya dalam waktu 8 hingga 9 semester dengan rata-rata IPK 3,2 (kemdikbud.go.id).

Selain itu, satu hal lagi pencapaian di bidang pendidikan yang tak bisa dilewatkan adalah perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. Pada 8 Oktober 2021, sebanyak 173.329 guru honorer dinyatakan lulus seleksi PPPK Guru 2021 tahap 1 dan diangkat menjadi ASN PPPK. Bisa dikatakan, perekrutan 173.329 guru honorer menjadi PPPK tersebut merupakan sejarah baru di dunia pendidikan kita.

Komentar