Merdeka Belajar, Program Andalan Dunia Pendidikan Pemerintahan Jokowi-Maruf

Nasional, Pendidikan2982 Dilihat

Jakarta, beritajejakfakta.id -Capaian-capaian positif di bidang pendidikan tentu akan berdampak positif pula bagi kemajuan SDM dan kemajuan bangsa.

Menarik untuk melihat capaian 2 tahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf di bidang pendidikan melalui program-program yang sudah dijalankan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).   

Kita tahu, Merdeka Belajar menjadi program andalan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim. Mulai Desember 2019 sampai Juli 2020, lima episode Merdeka Belajar dijalankan. Kemudian, dilanjutkan dari Oktober 2020 hingga Oktober 2021 sebanyak lima kebijakan Merdeka Belajar.

Merdeka Belajar Episode 6 hingga 13, setahun terakhir rinciannya adalah: transformasi dana pemerintah untuk pendidikan tinggi, Episode 7: Sekolah Penggerak, Episode 8: SMK Pusat Keunggulan, Episode 9: Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka, Episode 10: perluasan Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Episode 11: Kampus Merdeka Vokasi, Episode 12: Sekolah Aman Berbelanja bersama SipLah, dan Episode 13: Merdeka Berbudaya dengan Kanal Indonesiana.

Jika dicermati, berbagai kebijakan tersebut merupakan upaya mewujudkan pendidikan yang bermutu dan maju, dengan mendorong kualitas kepemimpinan pendidikan, karakter, dan pedagogi, memastikan ketersediaan infrastruktur dan teknologi yang memadai, hingga kebijakan pendanaan yang merata dan berkeadilan.

Komentar