Pakar Epidemiologi FKM UI : Pernyataan Luhut soal Larangan Lansia Tidak Boleh ke Luar Rumah, Tidak Memiliki Dasar Hukum yang Jelas

Headline, Nasional3376 Dilihat

Syahrizal Syarif menyatakan usulan Luhut tersebut sebenarnya baik. Namun sangat disayangkan hanya sekedar usulan atau imbauan saja yang tidak disertai dasar hukum tertulis. Baginya hal tersebut baik, namun kebijakan nasional seharusnya ada aturan yang berlaku secara sah.

“Ini jadinya seperti anjuran saja. Masa kebijakan pemerintah atau nasional berasal dari sebuah usulan dari dirinya. Pak Luhut jangan seenaknya saja. Maksud saya, usulan itu bagus, tetapi prosesnya tidak seperti itu. Kalau terlalu banyak imbauan, masyarakat jadi tidak respek maunya pemerintah ini apa,” katanya, Minggu (6/2/2022).

Epidemiolog ini juga mengkritisi sosok Luhut yang sebelumnya juga pernah membatalkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 hanya dengan konferensi pers saja. Hal ini membuat kesan yang tidak baik dan sosok Luhut terlihat sangat power full dan dominan.

“Sebelumnya dia (Luhut) pernah membatalkan kebijakan tertulis dari dari Inmendagri, peraturan menteri kesehatan dan peraturan menteri perhubungan hanya dengan konferensi pers,” ungkap Syahrizal.(red/beritasatu)

Komentar