oleh

MTs Negeri 1 Kota Bekasi Pungut Ratusan Ribu Ke Siswa Untuk Biayai Wisuda dan Study Tour mulai dari Kepsek sampai OB

Kota Bekasi, beritajejakfakta.id – Mengakhiri tahun pelajaran 2021/2022 Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Bekasi akan menggelar study tour dan prosesi wisuda bagi peserta didik kelas IX di Kota Bandung pada awal bulan Juni mendatang.

Untuk mengikuti kegiatan tersebut setiap siswa dipungut iuran sebesar Rp. 900.000,- guna biaya akomodasi.

Menurut Sukra, salah seorang panitia yang juga tenaga pengajar di kelas satu dan sembilan, kegiatan tersebut adalah semata mata keinginan dari orang tua dan siswa, pihaknya (MTs N) hanya sebatas menjembatani.

“Anak anak kan antusias, saya tanya ” Nak lebih baik tidak usah”.Wah, pokoknya harus, harus pak! . Nah, anak anak yang menuntut. Jadi saya coba melobi bagaimana ini,”ujarnya ketika ditemui awak media Selasa, (12/4/2022).

Sementara Ketua Panitia kegiatan, Huda yang juga merupakan seorang guru di MTs tersebut mengatakan keputusan mengenai wisuda dan study tour sudah dibahas bersama dengan orangtua siswa melalui komite sekolah. Pihak panitia telah melakukan survey serta penetapan anggaran untuk biaya akomodasi.

Panitia dan Ketua Komite MTS Negeri 1Kota Bekasi

“Dan dari anggaran itu memang ada beban yang harus dikeluarkan, yang pertama karena itu momenya wisuda dan yang diwisuda adalah siswa maka panitia punya pandangan semua guru, semua TU, semua OB harus diundang. Ya tentu ini akan berpengaruh dengan budgetnya,” terang Huda memaparkan.

Biaya wisuda dan study tour sebesar 900 ribu persiswa ditanggung oleh wali murid, yang selain untuk membiayai siswa itu sendiri juga untuk membiayai Kepsek, seluruh guru, officeboy, juga security yang ada di MTs Negeri 1 Kota Bekasi sejumlah 86 orang. Hal itu tentu akan menjadi beban tersendiri bagi wali murid di tengah sulitnya ekonomi pada masa pandemi seperti sekarang ini.

Namun begitu Huda menjelaskan, jika masih ada orangtua siswa yang keberatan dengan adanya kegiatan tersebut terutama soal besaran pungutan biaya yang harus ditanggung oleh wali murid, pihaknya akan memberikan subsidi silang.

Komentar