Forum Jejak Fakta Sukses Menggelar Diskusi Publik Moralitas VS Elektabilitas Menuju Pemilu 2024 Bermartabat Bersama Brafo AMIN

Headline, Nasional, Politik2212 Dilihat

Foto : Panitia, narasumber dan peserta Diskusi Publik Forum Jejak Fakta berfoto bersama usai acara yang digelar di Markas Brafo AMIN, Kamis (14/12/2023).

Kota Bekasi, beritajejakfakta.id – Diskusi publik yang digelar media online beritajejakfakta.id dengan Barisan Relawan For AMIN (Brafo AMIN) dengan nama Forum Jejak Fakta menghadirkan tema yang menarik Moralitas VS Elektabilitas Menuju Pemilu 2024 Bermartabat, Kamis (14/12/2023) di Markas Brafo AMIN, Jl. RA. Kartini, No. 2 ,Perempatan Rawalumbu, Kota Bekasi.

Forum diskusi ini merupakan bentuk kepedulian dalam rangka memberikan edukasi politik kepada masyarakat akan penting memilih pemimpin yang memiliki akhlak bagus dan menghormati etika politik tanpa harus merekayasa fakta demi meningkatkan elektabilitas semata.

Gagasan diskusi ini dibuat menurut Pemimpin Redaksi beritajejakfakta.id ,Sofiyah Prilestari karena rasa keprihatinan dan kekhawatiran akan masa depan tata kelola bangsa dan Pemerintahan Indonesia yang selama ini cenderung menempatkan hukum berpihak pada penguasa.

“Bukan sebaliknya, seharusnya penguasa yang harus menempatkan hukum sebagai panglima dalam menegakkan keadilan diatas kepentingan pribadi, kelompok atau golongan,” ucap Sofiyah yang biasa disapa Sofi.

Dalam pemaparannya, Sofi yang juga Host di Forum Jejak Fakta, mengatakan moral politik sering dikaitkan dengan konsep etika politik, di mana etika politik adalah studi tentang apa yang benar dan salah dalam konteks politik.

“Etika politik melibatkan pertimbangan moral tentang kebijakan publik, kepemimpinan politik, dan perilaku politik secara umum,” jelasnya.

Etika politik menjadi tantangan bagi para politikus dan pejabat negara karena etika politik berfungsi sebagai kontrol agar tidak terjadi penyalahgunaan kekuasaan.

“Etika politik berkaitan erat dengan sikap, nilai dan moral yang sejatinya hanya dimiliki oleh manusia sebagai makhluk yang beradab dan berbudaya,” ucapnya.

Untuk itu Ia berharap dalam forum diskusi tersebut yang menghadirkan 7 Calon Legislatif (Caleg) dari Partai Pendukung dan Pengusung Koalisi Perubahan harus sepakat untuk memegang teguh etika politik yang beradab dan bermartabat dalam proses Pemilu 2024.

Sedangkan popularitas dan elektabilitas tidak selalu berjalan seiring. Orang yang memiliki popularitas tinggi belum tentu memiliki elektabilitas yang tinggi apalagi demi elektabilitas yang tinggi bermain curang dengan merekayasa survey, kampanye hitam (black campaign), nepotisme, money politic dan menyebar hoax dan menghasut.

Untuk itu, diskusi yang digagas bersama beritajejakfakta.id dengan Brafo AMIN mengajak semua caleg dari partai pendukung dan pengusung untuk tetap solid dan menghimpun kekuatan untuk memenangkan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

Dalam diskusi publik semua sepaham dan sepakat bahwa Indonesia harus melakukan perubahan yang lebih baik lagi dan berkeyakinan Indonesia mampu dalam menghadapi perubahan sosial dan politik yang terus berkembang.

Untuk itu masyarakat dan para pemimpin politik harus terus memperkuat moral politik dengan mengedepankan nilai-nilai etis dan moral dalam kehidupan politik dan sosial.

Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan, partisipasi publik, dan penegakan hukum yang efektif dan transparan.

Sementara Ketua Umum (Ketum) Brafo AMIN, Rendra Amirin mengaku saat ini waktu yang tepat agar seluruh anak bangsa dan kekuatan rakyat untuk menata kembali kondisi bangsa Indonesia yang sekarang ini tidak dalam kondisi baik baik saja.

“Sudah saatnya seluruh rakyat Indonesia untuk bisa hidup sejahtera lahir bathin dalam rasa keadilan bersama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, karena sejak jaman Indonesia merdeka sampai sekarang rakyat belum menikmati kesejahteraan, ungkapnya.

“Padahal negara kita negara kaya dengan berbagai aneka hasil bumi dan kekayaan mineral namun saat ini baru segelintir dan kalangan elit sajalah yang bisa menikmati, ” tegas Rendra.

Ia pun berharap kepada para kader dan caleg dari partai pendukung dan pengusung Koalisi Perubahan yakni Partai Nasdem, PKS, PKB dan Partai UMMAT untuk saling bahu membahu ikut berkonstribusi bersama dengan simpul relawan salah satunya Brafo AMIN memberi dukungan baik secara materi maupun inmateri menggalang kekuatan untuk memenangkan Pasangan capres AMIN nomor urut 1 Anies Baswedan dan Cak Imin di Pemilu 2024.

“Karena dengan kolaborasi dan kekuatan kita semua, insyaallah apa yang menjadi perjuangan dan cita -cita kita bisa terwujud dalam Pemilu 2024, AMIN Menang! “ucapnya.

Komentar