Wonderful Indonesia Fast Track UMKM Buka Peluang Masuk Pasar Mesir

 

Jakarta, beritajejakfakta.com – Rangkaian kegiatan GEBER UMKM (Gerakan Indonesia Bersama UMKM) dari sinergi HR-UMKMNaikKelas dan YESPRENEUR dengan Kementrian Koperasi dan UKM RI, kembali mengadakan webinar untuk pelaku UMKM.

Kegiatan webinar ini kolaborasi bersama KBRI Mesir, Atase Perdagangannya dan komunitas OK OCE untuk membantu memajukan produk UMKM menuju pasar Mesir, Selasa (15/6/2021).

Layaknya acara sebelumnya yang telah diselenggarakan oleh HR-UMKMNaikKelas yang memiliki visi dan misi untuk memajukan produk UMKM Indonesia agar Next Level, webinar nasional kali ini bertajuk “Wonderful Indonesia Fast Track UMKM Untuk Peluang Masuk Pasar Mesir“.

Webinar ini memberikan kesempatan dan peluang yang bisa dimanfaatkan bagi pelaku UMKM agar dapat memasarkan produknya sampai ke Mesir.

Webinar ini dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki, Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf, Atase Perdagangan KBRI Kairo, Mesir, Irman Adi Purwanto, CEO & Coach HR Academy, Founder HR-UMKMNaikKelas, dan Penggagas YESPRENEUR, Coach Wulan.

Ketua Umum OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi, Ketua Komunitas OK OCE Sinergitas, Rizqal Ilham Febrianto, Diaspora Mesir dan Direktur Masrindo Center International Trading, Nurul Faridah serta Owner Medallion Trading & Co, Novian Harjanto.

“Kita semua sebagai pelaku usaha harus banyak mendengar informasi yang penting seperti hari ini kita akan membuka informasi dan pencerahan buat temen-temen semua supaya produk kita khususnya pelaku UMKM bisa masuk dalam spesifikasi untuk masuk ke luar negeri, ” kata Coach Wulan dalam sambutannya.

“Saya kira peran dari HR Academy sangat strategis dan memberikan akses informasi, pengetahuan, digitalisasi bagi UMKM menjadi wirausaha sukses. Kami sangat senang untuk bisa berkolaborasi”, ujar Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Sementara Duta besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf mengapresiasi kegiatan webinar kali ini dan menyambut baik sinergitas yang dibangun bersama untuk kemajuan UMKM Indonesia dengan memanfaatkan peluang dan kinerja perdagangan Indonesia di wilayah Afrika.

“Kita yang ada di KBRI dan teman-teman stakeholder berusaha memfasilitasi dan mewadahi kegiatan-kegiatan organisasi sebagai tempat bagi mereka untuk belajar, mengembangkan produk, memperluas jaringan dan lainnya,” ungkap Lutfi disela – sela webinar.

Sedangkan pernyataan Atase Perdagangan Kairo, Mesir, Irman Adi menuturkan ekspor Indonesia ke wilayah Afrika secara umum juga sudah mengalami surplus yang sudah besar sekali sekitar 2M USD dan produk utama non-migas Indonesia yang banyak diminati di pasar Afrika utamanya adalah minyak sawit, kopi, dan produk – produk untuk keperluan membuat kue seperti margarin dan ekspor ke Afrika sendiri masih memiliki peluang sehingga dapat diisi oleh produk Indonesia.

Sama seperti webinar produk UMKM menuju pasar ekspor yang telah dilakukan sebelumnya, dengan adanya acara ini diharapkan dapat kembali membuka peluang produk UMKM untuk merambah ke pasar Internasional dan membawa kesejahteraan bagi ekonomi Indonesia.

Webinar ini disiarkan secara langsung melalui Youtube HR Academy yang akan diunggah sebagai siaran ulang agar masyarakat tetap dapat mengambil ilmu yang diberikan walaupun acara telah selesai. (SF/HN)

Komentar