WNI Dapat Pergi Ke Singapura Tanpa Karantina

Internasional875 Dilihat

Jakarta, Beritajejakfakta.id – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bertemu Menlu Singapura Vivian Balakrishnan di Singapura (16/11/2021) membahas penguatan kerja sama bilateral, khususnya pengaturan perjalanan yang aman, antara lain melalui vaccinated travel lane (VTL).

Dikutip dari laman Kemlu.go.id, Rabu (16/11/2021), kedua pihak sepakat untuk melanjutkan pembahasan mengenai pengaturan VTL secara bilateral (resiprokal).

Kedua menlu juga membahas detail pelaksanaan VTL unilateral yang diberikan oleh Singapura kepada pelaku perjalanan dari Indonesia berdasarkan point to point, yaitu dari Jakarta ke Singapura.

“Menlu Singapura menyampaikan bahwa pemberlakuan VTL unilateral oleh Singapura antara lain didasarkan pada kepercayaan terhadap sistem (trust), terus membaiknya situasi COVID-19 di Indonesia, serta semakin tingginya tingkat vaksinasi”, kata Menlu RI usai pertemuan.

Turis tak perlu karantina jika ke Singapura

Menlu Retno juga sampaikan informasi dari Menlu singapura bahwa guna terus menjaga kesehatan, maka pemberlakuan VTL unilateral Singapura akan menggunakan flight tertentu (assigned flight).

VTL unilateral Singapura ini akan mulai berlaku 29 November 2021. Kedua pihak juga akan terus membahas pembuatan bubble yang aman, terutama untuk destinasi Bintan (dari Singapura) dengan menggunakan ferry.

Menteri Transportasi Singapura dalam pernyataannya mengatakan bahwa Indonesia dan Singapura merupakan tetangga dekat yang memiliki hubungan baik di bidang ekonomi dan people-to-people.

Komentar