Walikota Bekasi Divaksin Covid 19, Masyarakat Gak Perlu Was -Was atau Takut. ” Rasanya seperti Digigit semut”

Kota Bekasi,beritajejakfakta.com– Jajaran Forum Kordinasi Pemimpin Daerah (Fokompinda) Kota Bekasi jalani vaksinasi Covid 19. Walikota Bekasi Rahmat Effendi pun mengaku sudah disuntik dan merasa seperti digigit semut saja, Jumat (15/1/2021) di Stadion Patriot Candrabaga.

Pelaksanaan vaksin Covid-19 bagi Wali Kota Bekasi, Wakil Walikota Bekasi bersama Forkopimda akan dilaksanakan di Gate 19 Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi pada pukul 10.00 WIB.

“Rasanya seperti digigit semut. Digigit semut lebih sakit. Biasa saja malah agak adem. Saya lakukan persiapan khusus tidur lebih cepat karena saya biasa kurang tidur. Tensi 130 lolos dan alhamdulillah sudah divaksin,” kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi.

Ia pun berpesan agar nantinya masyarakat tidak perlu was-was atau takut bila divaksin. Malah lebih baik divaksin daripada menunggu dengan perasaan was-was akan terinveksi Covid-19. “Sudah ada antibodi karena kita sudah divaksin,” ucapnya.

Hadir, Pimpinan DPRD, Kapolres Metro Bekasi Kota, Dandim 0507/Bekasi, Ketua Pengadilan, Kepala Kejaksaan Negeri Bekasi.

Usai Forkopimda, pelaksanaan vaksin Covid-19 tahap pertama diperuntukkan bagi tenaga kesehatan walaupun belum memenuhi jumlah keseluruhan nakes di Kota Bekasi sebanyak 23 ribu nakes.

“23 ribuan yang ada. Kota baru menerima 14 ribuan vaksin dari pengajuan 500 ribu. Sementara jumlah penduduk kota Bekasi 2.4 juta jiwa. Semoga Pemerintah pusat segera mengirimkan lagi vaksin dan kita akan bersurat permintaan kepada Kementerian Kesehatan,” kata Wali Kota Bekasi Dr H Rahmat Effendi.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bekasi dr.Dezi Syukrawati mengungkapkan jadwal tersebut telah diatur oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Karena yang pertama, (Rabu,13/1/2021-red) itu pak Presiden RI (Joko Widodo) selanjutnya untuk kepala daerah tanggal 14 dan 15 Januari, ujarnya.

Nantinya penyuntikan vaksin Covid-19 akan dituntaskan terlebih dahulu untuk para nakes.

Pemberian Vaksin dilakukan sebanyak 2 kali, dengan jenjang waktu 14 hari dari penyuntikan vaksin pertama diberikan. .

Dijelaskan Dezy bahwa pelayanan vaksinasi Covid-19 para penerima vaksin harus melewati empat meja.

“Kami akan siapkan 4 meja, terangnya, meja Pertama untuk klarifikasi data/ pendaftaran. Lalu meja kedua untuk melakukan pengecekan kesehatan dan klarifikasi riwayat kesehatan,” jelas Dezi.

Meja tiga, untuk tindakan penyuntikan Vaksin daan meja empat, nanti orang yang sudah disuntik akan diberikan kartu tanda suntik pertama telah dilakukan,

Sebanyak 14.060 vaksin Covid-19 tiba di Kota Bekasi, Selasa( 12/1/2021) disimpan di Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Instalasi Farmasi Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Komp. Perum Bumyagara, Jalan Bayan 1 No. 1, Kelurahan Mustika Jaya, Kecamatan Mustika Jaya. (SF/humas)

Komentar