Wali Kota Bekasi Berharap Warganya Dukung Program Vaksinasi Nasional

Kota Bekasi, beritajejakfakta.com – Menjelang vaksinasi nasional Covid-19 2021 yang akan dilaksanakan dan diawali oleh Presiden RI Joko Widodo pada 13 Januari 2021 mendatang.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengharap dukungan setiap elemen masyarakat guna mensukseskan Vaksinasi Covid-19 di Kota Bekasi, Jumat (8/1/2021).

Sesuai dengan SK Dirjen P2P Pada tahap awal Januari sd April 2021 Vaksinasi akan diberikan kepada tenaga kesehatan dan sebagai informasi awal jumlah Tenaga Kesehatan Kota Bekasi yang akan di vaksin adalah 11.983 orang.

Lalu tahap 2 vaksinasi dilakukan pada petugas Layanan publik pada periode Januari sd April 2021 (berjalan paralel dengan tahap 1). Untuk jumlah pada tahap 2 belum ada informasi .

Menurut Walikota, penentuan sasaran ditetapkan melalui koordinasi Kementrian dan lembaga melalui sistem satu data.

“Untuk jumlah sasaran ini masih bersifat dinamis dan Kota Bekasi mengikuti perkembangan informasi dari pusat,” ucap Rahmat Effendi melalui siaran pers Humas Pemkot Bekasi.

Dengan vaksinasi ini diharapkan mampu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan melindungi Warga Indonesia. Vaksin Melindungi Diri dan Melindungi Negeri.

Sesuai dengan instruksi Menteri Kesehatan, proses vaksinasi akan diprioritaskan kepada kelompok Usia Rentan dari Usia 18-59 tahun dari Tenaga Kesehatan sebagai garda terdepan, Petugas Pelayanan Publik, Lansia, dan Masyarakat umum.

Lalu kepada Contact Tracing; kontak erat Covid-19 merupakan orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi Covid-19 dan Administrator yang terlibat dalam pelayanan publik

Vaksinasi dilaksanakan di Puskesmas atau Fasilitas Kesehatan yang telah terdaftar di Dinas Kesehatan di 42 Puskesmas, 46 RS dan 32 Klinik se-Kota Bekasi.

Pemerintah Kota Bekasi akan menerima vaksin dari Pemerintah Pusat yang akan disebarluaskan kepada masyarakat melalui unit-unit kesehatan di Kota Bekasi. Vaksin sengaja dibuat untuk merangsang pembentukan kekebalan tubuh kita dari penyakit. Dan secara gratis tanpa ada pungutan biaya apapun.

Bagi warga Kota Bekasi, Vaksinasi adalah salah satu bentuk ikhtiar kita dalam menjaga diri dan keluarga, selain tetap selalu mematuhi protokol kesehatan 4M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan.(SF/humas)

Komentar