Tujuh Pemuda Warga Tambun Lolos Seleksi Pasukan KOMCAD Tingkat Korem

Daerah, Metropolitan1935 Dilihat

Kab Bekasi, beritajejakfakta.com – Ratusan generasi muda dari sejumlah masyarakat dari Koramil 01 Tambun siap untuk menjadi Komponen Cadangan Matra Darat (Komcad) tahun 2021.

Sebanyak 7 orang yang sudah lulus seleksi tingkat Korem 051/Wijayakarta selanjutnya melaksanakan seleksi tingkat pusat di Rindamjaya jika lulus lanjut pendidikan selama 3 bulan.

Lebih lengkapnya saat ini dari Kodim 0509 Kabupaten Bekasi, sebanyak 68 peserta ikut tes di Rindamjaya.

Peltu Dede Sonjaya, Koramil 01 Tambun menyatakan sosialisasi perekrutan Komcad merupakan suatu kesempatan bagi putera – puteri daerah yang memiliki bakat dan mau mengikuti seleksi, Senin (7/6/2021)

Peltu Dede Sonjaya menambahkan, Komcad merupakan unsur yang memperbesar dan memperkuat kekuatan serta kemampuan komponen utama Tentara Negara Indonesia (TNI),” terangnya.

Saat di konfirmasi Danramil 01 Tambun Mayor Chb Daya Bakir mengatakan, warga negara merupakan salah satu sumber Komcad sesuai dengan UU no 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara Pasal 8 ayat (1).

Setelah peserta dinyatakan lolos, mereka nantinya mulai menjalani pendidikan dasar kemiliteran pada pekan keempat di bulan yang sama selama tiga bulan ke depan, di tahun 2021ini, “ujar Danramil.

Dirinya juga menjelaskan dalam Pasal 28 UU PSDN disebutkan, Komcad terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional.

Menurut Danramil, bagi warga negara yang terlibat dalam aktivitas Komcad dianggap tengah melakukan suatu pengabdian dalam usaha pertahanan negara yang bersifat sukarela.
Keterlibatan sumber daya alam hingga sarana dan prasarana nasional dalam kegiatan Komcad dianggap sebagai pemanfaatan dalam usaha pertahanan negara,” tegasnya. (red)

Komentar