Tantangan dan Peluang Jadi Solusi Pepes Kabupaten Bekasi Bangkitkan Ekonomi UMKM

Daerah, UMKM853 Dilihat

Kab. Bekasi,beritajejakfakta.com -Semua pasti merasakan dampak akibat Pandemi Covid19 yang sudah berlangsung satu setengah tahun , begitu juga yang dialami pelaku UMKM yang ada di Indonesia.

Salah satunya organisasi Pemberdaya Penggerak Indonesia Sejahtera (PEPES) Kabupaten Bekasi punya kiat untuk menghadapi dampak Pandemi Covid19 terhadap kelangsungan usaha anggotanya yang mengalami penurunan omzet.

Kondisi Pandemi Covid 19 saat ini banyak anggotanya yang kesulitan dalam memasarkan usahanya akibat menurunnya daya beli masyarakat dan adanya pembatasan kegiatan masyarakat oleh Pemerintah.

Solusinya kata Ketua Pepes Kabupaten Bekasi, Dian Indah Putri, kini para pelaku UMKM memanfaatkan marketing digital untuk memasarkan usahanya.

” Seperti marketplace, toko online, penjualan melalui online dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki para anggotanya,” jelasnya.

Sebelum masa Pandemi Covid 19 melanda Indonesia kata Dian, Pepes Kabupaten Bekasi sudah memiliki gerai untuk menjual produk anggotanya seperti waroeng petepe yg beralamat di Pangkalan Cepe, Tambun Selatan dan Gerai di Perumahan Gramapuri Wanasari- Cibitung yang berkolaborasi dengan UMKM setempat.

Saat ini jumlah anggotanya mencapai 121 orang, beraktifitas usaha di berbagai bidang berupa barang maupun jasa.

Pepes Kabupaten Bekasi juga mengangkat kearifan lokal yang merupakan ikon kuliner khas Bekasi yaitu ikan gabus. Berbagai olahan berbahan ikan gabus tidak hanya berupa sayur ikan gabus tetapi ada yang dibuat abon dan gepuk ikan gabus.

Untuk itu melalui kegiatan bidang pendidikan dan pelatihan Pepes Kabupaten Bekasi mengadakan pelatihan budidaya ikan gabus  dan sudah berjalan hampir dua tahun, ungkap Dian.

Meski di situasi Pandemi, ada potensi yang menjadi nilai ekonomis bagi kami adalah budidaya ikan gabus karena selama ini kuliner ikan gabus sudah menjadi kuliner khas Bekasi. Jadi dengan budidaya ikan gabus mempermudah masyarakat mendapatkan ikan gabus yang berkualitas,” terangnya.

Selain berkegiatan di bidang ekonomi dan pendidikan, Pepes Kabupaten Bekasi juga aktif mengajak anggotanya untu peduli terhadap sesama melalui bakti sosial diantaranya memyalurkan bantuan untuk para korban banjir tahun 2020 dan 2021.

Aneka pelatihan dan bazar yang digelar Pemerintah Kabupaten Bekasi, Pepes Kabupaten Bekasi sering ikut berpartisipasi mendukung program pemerintah Kabupaten Bekasi seperti dari Dinas Perikanan dan Dinas Koperasi dan UKM.

Untuk itu, Dian berharap perlunya peningkatan ilmu para anggota dan pemasaran produk agar di masa Covid 19 ini UMKM bangkit kembali.(SF)

Komentar