Susno Duadji: Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J, Bisa Menguak Tersangka Lain Selain Bharada E

Headline, Hukrim, Nasional2154 Dilihat

Pihak keluarga bersama masyarakat harus legowo menerima hasil yang dikeluarkan. Pihak penyidik dan Polri juga harus legowo karena masyarakat menganggap hasil yang pertama itu tidak atau kurang benar,” kata Susno Duadji.

Susno Duadji meyakini, hasil autopsi ulang jenazah Brigadir J akan lebih baik dan akurat.Pasalnya, autopsi kedua ini dilakukan oleh pihak eksternal, yakni tim kedokteran forensik independen.

Mengenai kemungkinan adanya proses pembusukan, mantan Kapolda Jawa Barat itu berharap jenazah Brigadir J lebih awet lantaran formalin yang diberikan ketika jenazah dikirim dari Jakarta.Selain itu, menurutnya peti jenazah juga bisa memperlama proses pembusukan.

“Semoga pembusukannya tidak terlalu parah sehingga masih dikenali luka-lukanya,” tutur Susno Duadji.

Mantan Penasihat Koorsahli Kapolri itu mengimbau agar semua pihak, termasuk keluarga dan kuasa hukum Brigadir J, masyarakat, serta Polri menerima hasil autopsi ulang yang dilakukan tim kedokteran forensik.

“Kita harus berlapang dada terima. Dan saya yakin bahwa hasil kedua ini adalah independen, akurat, dan akuntabel. Bisa dipertanggung jawabkan,” tegasnya.

Lebih lanjut, terkait kemungkinan adanya kesalahan analisa dalam autopsi yang pertama, Susno Duadji menyarankan agar semua pihak menyerahkan permasalahan tersebut kepada institusi terkait.

Komentar