Sukses, Energik dan Anggun, Hj Yuyun Rahayu Menginspirasi Pelaku UMKM

Kota Bekasi, beritajejakfakta.com – Sosok wanita pengusaha sukses, cantik dan energik ini patut dicontoh kiat suksesnya terutama bagi para pelaku UMKM di Kota Bekasi.

Siapakah dia? Wanita cantik dan anggun ini nama lengkapnya Hj. Yuyun Rahayu, selain sebagai pengusaha bisnis kecantikan bernama Dewi Griya Kecantikan, beliau juga seorang istri dan ibu yang berhasil mendidik putra dan putri memiliki karir yang bagus.

Kiat suksesnya adalah perbanyak doa, jangan mengeluh, efisiensi, saatnya membenahi hal – hal yang kurang baik di perusahaan, terus memberi semangat kepada karyawan dan selalu memberikan motivasi agar dapat terus bertahan melewati masa pandemi.

“Dan tentunya jangan lupa menjaga pola hidup sehat dan berpikir cerdas serta tetap mencari peluang – peluang yang ada untuk mengembangkan usaha,” ucapnya optimis.

Hj Yuyun pun mengaku dalamnya merintis usaha tidak lepas dari suka dan duka. Perjalanan karirnya mampu menjadi inspirasi bagi keluarga dan para pelaku usaha lainnya.

Pada awalnya karirnya, sebelum memiliki bisnis kecantikan, Hj. Yuyun Rahayu adalah seorang pekerja di sebuah perusahaan multi nasional dan istri dari H.Donny Ruyadi.

“Saat anak saya ke dua lahir, waktu itu saya memutuskan untuk berhenti, karena mertua saya sudah tambah umurnya dan tidak mungkin untuk menjaga 2 anak saya,” ungkap Yuyun memulai obrolannya.

Akhirnya berkat restu dan dukungan suaminya H.Donny Ruyadi, Hj Yuyun memutuskan untuk berhenti bekerja. Untuk merawat dan menjaga kedua anaknya di rumah.

Lantaran karena terbiasa bekerja, Yuyun mengaku bosan dan kurang nyaman jika kegiatannya hanya mengurus rumah tangga. Tahun 1991 dirinya mulai membuka usaha optik meneruskan usaha orangtuanya.

“Alhamdulillah, saya memiliki orang tua yang mempunyai usaha optik, saya mencoba untuk menekuni dan membuka usaha optik di garasi rumah, sambil saya menjaga 2 anak saya yang masih kecil atas seijin suami,” urai Yuyun yang juga sebagai Ketua komunitas Wanita Bekasi Keren (WBK).

Berkat dukungan suami dan ketekunan serta kerja keras kami, akhirnya optik berkembang dengan baik. Sehingga saya dan suami memutuskan untuk meningkatkan usaha optik ini di beberapa tempat, termasuk salah satunya di Mall.

Tahun 1998, terjadi resesi yang cukup dahsyat dan terjadi pembakaran ruko – ruko dan mall yang mengakibatkan 3 usaha saya tutup. Sisa satu ruko milik saya yang masih bertahan sampai sekarang yaitu di Ruko Taman Galaxi, Bekasi Selatan.

Di saat resesi itu, kata Yuyun dirinya sempat “down” karena dampak dari resesi itu usahanya mangalami banyak kerugian.
“Saat resesi, tidak ada yg bisa kami lakukan hanya berdoa kepada Allah SWT memohon jalan keluar yang terbaik untuk kami yang telah memiliki 3 orang anak,” tuturnya sambil mengenang masa pahit tahun 1998 lalu.

Tak mau makin terpuruk dengan kondisi ekonomi yang lesu, akhirnya Yuyun mulai bangkit dan memotivasi diri agar kembali semangat membangun usahanya lagi .

“Dengan rasa percaya diri yang kuat, Saya mencoba satu usaha lagi dengan mengembangkan hobby saya yaitu dunia kecantikan, yang saat itu masih langka dengan nama Dewi Griya Kecantikan,” kata Yuyun optimis.

Dengan ketekunan dan kegigihan kami mengelola usaha bersama suami, Alhamdulillah. Usaha kami optik, skin care dan salon dapat berkembang dengan baik, dan terus tumbuh berkembang sampai saat ini, hingga kami dapat mendidik anak kami menjadi seorang dokter, pilot di Maskapai Garuda, Physikolog dan calon dokter, lanjut Ketua WBK ini semangat.

Dan saat ini Dewi Griya Kecantikan selain fokus di bidang klinik skin care, juga merambah bidang  training center.

Bahkan secara bertahap akan diregenerasikan kepada anak – anak beliau dengan harapan usahanya bisa terus berkembang di bawah pengelolaan anak – anak muda yang produktif dan kreatif.

Usaha klinik Dewi Griya Kecantikan yang beralamat di Pertokoan Galaxi sebelah Apotik Century , Bekasi Selatan ini memiliki 3 dokter Esthetika yang berpengalaman di bidang kecantikan, yaitu dr.Adinda, dr.Lia dan dr.Dian dibantu Beauty Consultant yang sudah berpengalaman di bidang skincare.

“Kami mempunyai therapist-therapist salon yang berpengalaman di perawatan wajah, rambut dan tubuh, berpenampilan menarik dan bersertifikat serta tenaga ahli di bidang optik yang sudah berpengalaman,” terang Hj. Yuyun.

Sementara untuk jasa Training Centre, kami bekerjasama dengan para trainer-trainer yang sudah pengalaman di bidangnya untuk tampil percaya diri dan dapat meningkatkan potensi dirinya untuk lebih mandiri, maju dan berkembang.

Untuk pemasaran usahanya, Hj. Yuyun memanfaatkan media sosial (medsos) seperti, Instagram (IG), Facebook (FB), Youtube, serta off line seperti event bazaar dan pameran bekerjasama dengan para komunitas dan juga customer – customer yang sudah fanatik.

“Sesuai dengan tagline Dewi Griya kecantikan dalam melayani pelanggan adalah “Hidup Sehat dan Cantik” dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki,” tutup Hj. Yuyun. (SF/Adv)

Komentar