Setiap Agama Ajarkan Hubungan yang Baik dengan Sesama

Nasional, Pendidikan1314 Dilihat

Surabaya, beritajejakfakta.id- Setiap agama pasti diajarkan untuk mempunyai hubungan yang baik dengan sesama.

Alquran menjelaskan, tujuan penciptaan manusia tak lain untuk beribadah kepada Tuhan. Di sisi lain, banyak pula ayat-ayat yang menyerukan agar bersikap baik atau akhlaqul karimah dengan sesama manusia, bahkan menjadi rahmat bagi semesta alam (rahmatan lil alamin).

Ketua UKM Kerohanian Islam, Universitas Airlangga (Unair) Affan Muhammad Andalan mengutarakan, slogan kampus excellence with morality adalah simbol keseimbangan antara ranah akademik dan non akademik. Yang kalau ditelaah lebih lanjut (ketentuan dalam Statuta Universitas Airlangga, PP No. 30 Tahun 2014) ternyata moralitas yang dirujuk ialah yang berdasarkan nilai agama.

“Karena Islam adalah agama yang sempurna dan paripurna, maka tentu hubungan makhluk dengan pencipta dan hubungan makhluk dengan sesama makhluk sama-sama diatur. Itulah yang kami pelajari di UKM,” kata pria yang biasa disapa Affan tersebut.

Almarhum Prof. Dr. Kuntowijoyo mengatakan, pandangan yang ternyata sesuai dengan pemahaman Al-Quran surat Ali Imran ayat 110. Yakni, kepemimpinan profetik adalah kepemimpinan yang membawa misi humanisasi, liberasi, dan transendensi.

Yang pertama ialah “ta’muruna bil ma’ruf”, yang diartikan sebagai misi humanisasi yaitu misi yang memanusiakan manusia, mengangkat harkat hidup manusia, dan menjadikan manusia bertanggung jawab terhadap apa yang telah dikerjakan.

Yang kedua ialah “tanhauna‘anil Munkar ” yang diartikan sebagai misi liberasi. Yaitu, misi membebaskan manusia dari belenggu keterpurukan  dan ketertindasan. Yang ketiga ialah “ Tu’minuna Billah”, diartikan sebagai misi transedensi yaitu, manifestasi dari misi humanisasi dan liberasi yang diartikan sebagai kesadaran ilahiyah yang mampu menggerakkan hati dan bersikap ikhlas terhadap segala yang telah dilakukan.

“Kegiatan-kegiatan  kami diantaranya ada kajian-kajian keislaman, pembinaan baca Alquran dan peringatan hari besar Islam. Yang jelas, semua bersandar pada semangat Islam,” ungkap mahasiswa jurusan Ilmu Hukum itu.(Red/Unair/Nzw)

Komentar