Sekjen SPP Agustiana : Masyarakat Harus Berperan Aktif Mengawasi Pemilu 2024

Daerah, News, Politik803 Dilihat

Foto : Sekjen Serikat Petani Pasundan (SPP) Agustiana mengajak seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat dan Kader SPP berpartisipasi dalam Pemilu adalah indikator demokrasi

Pangandaran, beritajejakfakta.id – Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan lembaga terkait, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Masyarakat juga diharapkan memiliki peran yang aktif dalam menjalankan pengawasan dan pemantauan untuk memastikan pemilu berjalan dengan transparan dan adil.

Berdasarkan hal tersebut Sekjen Serikat Petani Pasundan (SPP) Agustiana mengajak seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat dan Kader SPP berpartisipasi dalam Pemilu adalah indikator demokrasi.

Bahwa penghormatan atas perbedaan pilihan adalah sesuatu yang harus dijunjung tinggi dalam kehidupan berdemokrasi. Bahwa Pemilu tanpa partisipasi masyarakat adalah dagelan.

“Bahwa Pemilu tanpa pengawasan yang baik dan cermat hanyalah sebuah kekacauan. Bahwa dalam setiap Pemilu selalu saja ada upaya dari berbagai pihak, untuk menelikung aturan guna kepentingan dan keuntungan tertentu,” tegasnya selesai SPP memperingati Isra Miraj di Sekretariat SPP Pangandaran, Senin (05/02/2024).

Pemilu yang berkualitas, menurut Agustiana harus ada aturan hukum yang pasti dan penegakannya akuntabel. Penyelenggara Pemilu harus profesional dan berintegritas. Peserta Pemilu yang komitmen dan patuh pada aturan dan nilai-nilai demokrasi.

“Kemudian yang tidak kalah penting adalah kontrol partisipasi masyarakat. Otonomi pemilih dalam menentukan prefensi politiknya. Serta, netralitas birokrasi,” jelasnya.

Dikatakannya, masyarakat harus terlibat dalam pengawasan Pemilu untuk memastikan pemenuhan, perlindungan dan promosi hak-hak politik warga masyarakat.

Komentar