Sejarah dan Makna Tradisi Pawai Obor 1 Muharram Tahun Baru Islam

Headline, Nasional1022 Dilihat

Ratusan santri merayakan malam 1 muharram 1446 H dengan pawai obor sebagai peringatan Tahun Baru Islam dengan penanggalan Tahun Hijrah, juga sebagai peringatan atas perpindahan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah

Garut,beritajejakfakta.id – Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia merayakan 1 Muharram, awal tahun dalam kalender Hijriyah.

1 Muharram adalah hari penting dalam agama Islam, yang juga diperingati sebagai peringatan Hijrah, perpindahan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah.

Di beberapa negara, perayaan 1 Muharram ditandai dengan pawai obor yang spektakuler, yang mengisi malam dengan cahaya dan semangat baru.

Pawai Obor merupakan tradisi yang telah berlangsung selama berabad-abad, dan masih terus dilestarikan hingga saat ini.

Pawai ini biasanya diadakan setelah matahari terbenam, ketika langit mulai gelap, dan peserta membawa obor yang menyala-nyala, menciptakan panorama yang memukau.

Pawai obor seringkali diikuti oleh ribuan orang dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk keluarga, anak-anak, dan orang dewasa.

Pawai Obor 1 Muharram memiliki makna yang mendalam. Obor melambangkan cahaya kebenaran dan petunjuk dalam Islam.

Dalam konteks 1 Muharram, pawai obor mengingatkan umat Muslim tentang perjalanan hijrah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, yang melambangkan perubahan menuju kehidupan yang lebih baik dan pengabdian kepada Allah SWT.

Obor juga melambangkan semangat kebersamaan, persatuan, dan solidaritas dalam umat Islam

1 Muharram merupakan hari pertama dalam kalender Islam. Tanggal tersebut juga menandai pergantian tahun baru Islam.

Komentar