Sambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H, DKM Amir Hamzah dan Seniman TIM Gelar ” Telaga Seni Budaya Islam”

Jakarta, beritajejakfakta.com – Islam Rahmatan lil Alamin inilah yang ingin diwujudkan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM)  Amir Hamzah bersama seniman dan budayawan Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki (TIM) dalam gelaran pentas seni bertema “Telaga Seni Budaya Islam” dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah /2021.

Rencana pentas seni tersebut akan digelar , Minggu (11/4/2021) di pelataran Masjid Amir Hamzah dengan menampilkan atraksi seni bernuasa Islam yang akan dikemas secara apik mengungkapkan keindahan Islam.

Menurut Ketua DKM Amir Hamzah , Eko Wahyu Wibowo dalam konferensi persnya, Sabtu (10/4/2021) di Masjid Amir Hamzah, Cikini, Jakarta, mengaku pentas seni ini baru pertamakali digelar dalam konsep seni dalam menyambut bulan suci  ramadhan yang sebentar lagi dirayakan umat muslim.

Ia pun menegaskan sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan hukum di Indonesia, kajian – kajian tauziah dan pentas seni yang akan ditampilkan, dirinya mengaku menyambutnya dengan terbuka.

” Kami terbuka kepada semua elemen masyarakat dalam memeriahkan bulan suci dengan berkolaborasi melalui seni budaya Islam dengan tujuan meningkatkan keimanan dan tali silaturahmi seniman,” terangnya.

Sementara Ketua Panitia Pentas Seni Telaga Seni Budaya Islam, Tri Aru Wiratno, menjelaskan kegiatan ini bagian dari syiar Islam yang dituangkan dalam syair sajak, lagu dan musik tanpa meninggalkan esensi tauhid itu sendiri.

” Islam itu indah dan damai kami ingin ikut mengimplemantasikan dalam seni budaya islam,” bebernya.

Acara yang diselenggarakan atas kerja sama pengelola revitalisasi TIM, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dengan Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, DKM Masjid Amir Hamzah dan seniman itu, merupakan “munggahan” atau tradisi menyambut Ramadhan yang dibingkai dalam kegiatan pentas seni budaya.

Eko yang juga Kasubag Tata Usaha Dinas Kebudayaan DKI Jakarta menyebutkan, pentas seni tersebut menjadi ajang silaturahmi bagi para seniman dan budayawan yang sudah satu tahun lebih jarang tampil berkesenian karena adanya pandemi Covid-19.

Menurut dia, Masjid Amir Hamzah sebagai salah satu proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki setelah selesai pembangunan kembali hadir sebagai rumah tempat seniman dan budayawan berkumpul untuk berkreasi serta berkreativitas seperti sedia kala.

“Ini membuktikan bahwa wajah baru Masjid Amir Hamzah yang merupakan salah satu bagian revitalisasi Pusat Kesenian Jakarta TIM yang sudah selesai tahap I, tetap menjadi rumahnya kawan-kawan seniman dan budayawan ini dibuktikan dengan kegiatan esok hari,” kata Eko.

Ketua Panitia Pentas Seni Telaga Seni Budaya Islam, Tri Aru Wiratno mengatakan pentas seni ini sebagai syiar Islam para seniman dan budayawan dalam memakmurkan masjid, terutama di bulan Ramadhan.

Menurut dia, kegiatan pentas seni rutin awalnya dilakukan oleh mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dan seniman sejak Masjid Amir Hamzah dibangun tahun 1977. Kegiatan tersebut sempat terhenti ketika bangunan masjid dibongkar. Setelah masjid berdiri lagi, pentas seni tersebut dihidupkan lagi.

“Ketika saya mahasiswa masjid itu tampak sepi seperti kuburan, lewat pentas seni ini bagian dari meramaikan masjid,” kata Aru.

Seni dan Islam tidak bisa dilepaskan, sebagaimana Islam masuk ke Indonesia lewat akulturasi budaya, kata Aru. Acara kolaborasi dipusatkan di Masjid Amir Hamzah yang baru selesai dibangun. Pertunjukan seni dan budaya Islam akan dilaksanakan Minggu (11/4) pukul 09.00 sampai dengan 11.00 WIB. Dijeda untuk Shalat Dzuhur dan dilanjutkan kembali jam 13.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Para seniman yang terlibat dalam kegiatan ini antara lain, Sutardji Calzoum Bachri, Afrizal Anoda (pemain Naga Bonar), Zak Sorga, Ridwan, Hasan Aspahano, Master Chef Haryo, Raden Agung dan BW Rock Star, Tabah Penemuan dan Iwan Cipta Saputra. Kegiatan akan dihadiri oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Wardhana.

Acara dihadiri khusus tamu undangan dan berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan. Masyarakat dapat menyaksikan penampilan para seniman lewat kanal YouTube DKI Masjid Amir Hamzah TIM.(SF)

Komentar