Ratusan Buruh Demo Tuntut Kenaikan UMP 10 Persen!

Nasional10963 Dilihat

Foto : akurat.co/kumparan.com

Jakarta, beritajejakfakta.id — Ratusan buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan demonstrasi di depan Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (10/11/2021). Mereka menuntut kenaikan UMP (Upah Minimum Provinsi) sebesar 10 persen.

Pantauan CNNIndonesia.com, para buruh melakukan orasi melalui mobil komando. Dalam aksinya mereka membawa bendera organisasi dan sejumlah poster tuntutan. Aparat kepolisian tampak berjaga sekitar Balai Kota ketika aksi berlangsung.

“Pada hari ini kami dari KSPI bersama federasi yang tergabung di dalamnya meminta kepada para gubernur di seluruh provinsi, kepala daerah kota kabupaten/kota untuk menaikkan UMP 10 persen dan juga tidak menghilangkan Upah Minimum Sektoral (UMSK),” kata Presiden Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK) Mirah Sumirat, Rabu (10/11/2021).

Demo Buruh

Mirah mengatakan ada berbagai alasan kaum buruh meminta kenaikan UMP. Tuntutan kenaikan UMP itu menurutnya, berdasarkan hasil survei Kehidupan Hidup Layak (KHL) di pasar tradisional dan pasar modern dengan menggunakan 60 komponen item KHL.

“Kami juga mempertimbangkan tadi banyak sekali kawan-kawan kami yang makin berat di pandemi Covid-19 ini, di satu sisi tidak ada juga bantuan maksimal dan stimulus yang diberikan,” katanya.

Komentar