Puan Maharani Direncanakan ke Lumajang, Diharapkan Dorong Penanganan Pemulihan Bencana agar Dipercepat

Headline, Nasional, Parlemen22691 Dilihat


Malang, beritajejakfakta.id –Ketua DPR RI Puan Maharani dijadwalkan akan mengunjungi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Pronojiwo, Lumajang pada Senin (20/12). Kedatangan Puan akan menjadi kunjungan pertama pejabat dari Jakarta ke wilayah Pronojiwo, Lumajang.

Bupati Lumajang, Toriqul Haq berbesar hati dengan rencana kedatangan Ketua DPR RI ini. Menurutnya, kedatangan Puan akan menjadi kunjungan pertama pejabat negara pusat ke Pronojiwo, Lumajang.

Toriqul berharap, kedatangan Puan dapat membantu percepatan penangan bagi warga yang terdampak di Kecamatan Pronojiwo. Saat ini, setidaknya ada lebih dari 500 warga yang masih mengungsi di berbagai titik di Pronojiwo akibat letusan Gunung Semeru yang terjadi, Sabtu (4/12/2021) tiga pekan lalu.

Ratusan orang terpaksa meninggalkan hunian dan kebun serta harta bendanya untuk mengungsi menyelamatkan diri.

Pejabat pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari pada Minggu (5/12) lalu menyebut sebaran guguran awan panas dari Semeru berdampak sangat signifikan pada dua kecamatan, antara lain Kecamatan Pronojiwo yakni di Desa Pronojiwo, Oro-oro Ombo, Sumberurip, serta Dusun Curah Kobokan di Desa Supiturang; dan Kecamatan Candipuro yakni di Dusun Kamarkajang di Desa Sumberwuluh dan Desa Sumbermujur.

Korban Letusan Gunung Semeru di pengungsian

Hal tersebut, menurut data yang dimiliki BNPB, menyebabkan sekitar 9.977 orang terpaksa mengungsi ke sedikitnya 148 titik pengungsian yang tersebar seputar di Kabupaten Lumajang.

Komentar