PJ Bupati Bekasi Ingatkan BPBD Antisipasi Musim Kemarau dan Kekeringan

Daerah, Headline2633 Dilihat

Meski begitu, Dani Ramdan menegaskan, bahwa selain bencana banjir, antisipasi musim kemarau harus lebih disiapkan BPBD Kabupaten Bekasi. dikarenakan, masih ada beberapa wilayah di Kabupaten Bekasi yang masih rentan terhadap bencana kekeringan.

“Adapun, yang harus kita siapkan saat ini yakni menghadapi musim kemarau. Ada dua, biasanya yang dihadapi Kabupaten Bekasi pertama, kekurangan air bersih dan keduanya masalah air pertanian untuk persawahan,” imbuhnya.

Dalam hal ini, untuk kekurangan air bersih BPBD bisa berkoordinasi dengan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Lalu, kaitan dengan air pertanian, akan diantisifasi oleh Dinas Pertanian.

“Distribusi air bersih, kita BPBD punya tangki-tangki kita bisa suplai ke desa yang membutuhkan.

Sementara untuk air pertanian tentunya dengan Dinas Pertanian kita siapkan,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk kesiapan menghadapi bencana. Kesiapan BPBD Kabupaten Bekasi secara umum, dari mulai sarana dan prasarana hingga logistik sudah memadai. Meskipun, untuk personil masih sangat terbatas.

“Oleh karena itu, akan saya dorong untuk memperbanyak relawan- relawan di tingkat desa dan kecamatan, nanti tenaga yang ada di BPBD akan menjadi fasilitator dan pelatih untuk para relawan- relawan itu. Oleh karena itu, kita bisa lebih dekat dengan lokasi- lokasi kerawanan bencana,” tegasnya.

Komentar