Perkuat Daya Saing UMKM dan IndustriKreatif Indonesia Menuju Pasar Dunia

Jakarta, beritajejakfakta.com –Tantangan bagi Industri kreatif Indonesia untuk bersaing di panggung Internasional pun semakin nyata, akan tetapi masih banyak Industri- Industri kreatif di tanah air yang masih sangat minim daya jual dan daya saing.

Berangkat dari keprihatinan tersebut HR Academy bersama Kadin Indonesia, PEPES dan YESpreneur mengadakan kegiatan webinar yang bertujuan untuk membuka wawasan dan memotivasi para pelaku UMKM dan Industri ekonomi kreatif agar bisa memiliki daya saing serta daya jual yang tinggi sehingga dapat sukses di pasar dunia.

Acara ini bertemakan “PERKUAT DAYA SAING UMKM DAN INDUSTRI KREATIF INDONESIA MENUJU PASAR DUNIA” yang disiarkan secara Online Webinar via Zoom, YouTube Live, Facebook Live dan Instagram Live.

Webinar ini dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Ir. R.S.Hanung Harimba Rachman, S.E.M.S, Plt Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang UMKM, Teguh Anantawikrama, Wakil Ketua Komisi Tetap Akses Informasi dan Pelatihan UMKM Kadin Indonesia, Ketua OK OCE Indonesia, Iim Rusyamsi.

Seperti yang sudah di sampaikan R.S. Hanung Harimba Rachman, ditengah era Globalisasi dan perdagangan bebas yang sedang berlangsung di seluruh dunia saat ini, Padahal dalam konteks globalisasi, Daya saing merupakan kunci utama bagi Industri kreatif untuk bisa sukses dan bertahan di pasar Internasional.

Acara ini memberikan informasi tentang bagaimana cara mensiasati tantangan UMKM dan Industri kreatif di era globalisasi serta di tengah masa pandemi ini, Sehingga para pelaku usaha memiliki jawaban atas tantangan tantangan tersebut.

“Kita berencana membuat pusat logistic bagi umkm dalam cluster, Kami melihat masalah umkm di Indonesia ada 3, kita harapkan semua nya naik kelas di inkubasi di berikan bantuan modal kerja. Kami akan bekerjasama dengan kemenparekraf untuk menambah aspek kreatif,”

Kemudian strategi kita untuk meningkatkan pasar global selain pelatihan tapi juga kemitraan” ujar Hanung Harimba, Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

Acara yang di laksanakan pada hari Sabtu ini diharapkan akan membantu para pelaku usaha untuk membuat usaha nya lebuh maju dan naik kelas seperti yang dikatakan oleh Bapak Teguh Ananta Wikrama , Plt Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang UMKM bahwa “ Perlunya pelaku UMKM untuk melengkapi data legalitas karena jika tidak ada legalitasm maka UMKM akan sulit mendapat modal, dan jika UMKM ingin masuk kedalam pasar ekspor dibutuhkan higienisasi agar juga dapat mendorong UMKM menjadi industri yang tourism supporting.”jelasnya.

Sementara Coach Wulan yang jugabKetum Pepes Indonesia mengataka kegiatan ini, diadakan memang untuk menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan para peserta untuk dapat meningkatkan kualitas produk mereka serta memaksimalkan peluang yang ada di pasar global.

“Setelah mendengar pencerahan dari para pakar dan pembicara, para pelaku usaha ini di harapkan bisa langsung mengimplementasikan semua arahan dan saran dari para pakar,” ujar Coach Wulan sebagai CEO dari HR Academy yang juga menjadi penyelenggara acara webinar ini.

Dalam kesempatan yang sama Iim Rusyamsi juga mengatakan “Tentu kita melihat penting nya konsep UMKM yang berkelanjutan dengan Program SDG (Sustainable Development Goals) untuk membantu dunia ini semakin ramah lingkungan dimana misi kita adalah menciptakan lapangan kerja dan mengurangi kemiskinan”

Coach Wulan juga membahkan bahwa HR Academy akan secara bertahap melakukan kegiatan seperti ini lagi untuk terus membantu para pelaku UMKM dan Industri ekonomi kreatif untuk dapat mengembangkan usaha dan meningkatkan kualitas barang mereka.

Terakhir, acara ini berjalan dengan sangat rapih dan tepat sasaran mengingat banyaknya tokoh penting serta masyarakat penggiat UMKM dan Ekonomi Kreatif yang hadir di webinar ini, Acara ini juga disiarkan secara langsung di Youtube HR Academy dan setelahnya akan diposting agar masyarakat tetap dapat mengambil ilmu yang ada selama acara berlangsung. (SF)

Komentar