Peran Generasi Muda dan Tekhnologi dalam Pemberdayaan UMKM di Pandemi Covid19

Nasional, Teknologi, UMKM1666 Dilihat

Jakarta, beritajejakfakta.com— Dalam Bincang Inspirasi bertajuk “Peran Generasi Muda dan Teknologi dalam Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi Covid-19, Yudho menyampaikan kendala yang terjadi masih bisa diatasi jika generasi muda dapat berkolaborasi dengan UMKM dalam memanfaatkan teknologi yang ada.

Dukungan generasi muda sangat diharapkan dalam upaya pemulihan perekonomian nasional, khususnya sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

“Pandemi ini mengubah banyak hal, mulai dari pola kerja hingga pola berbelanja masyarakat. Hal ini juga berdampak pada perekonomian, khususnya pelaku usaha UMKM yang sangat terdampak akibat pembatasan ruang gerak maskyarakat,” kata Ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) Yudho Giri Sucahyo, dalam keterangan resmi, Kamis.

Hal senada disampaikan Iyuk Wahyudi selaku Sekjen Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (BPP AKU).

“Generasi muda harus menjadi inspirasi dan memberikan kreativitasnya untuk kemajuan bangsa, UMKM menjadi salah satu sektor yang perlu didukung dan diselamatkan dari krisis pandemi Covid-19 saat ini,” ujarnya di kesempatan yang sama.

Satria Kenvaleriano Syahputra, anak muda yang juga pegiat sosial media, mengatakan generasi muda bisa melakukan gerakan share and attention jika belum mampu melakukan aksi-aksi besar dalam membantu para pelaku UMKM.

“Semua bisa melakukan aksi-aksi kecil mulai dari menggunakan media sosial dengan cara membagikan review produk-produk lokal, dan viralkan UMKM agar mereka mendapatkan perhatian yang dibutuhkan untuk berkembang serta bertahan,” kata Satria.

Pelaku UMKM di bidang makanan, Yuli Indarti, mengatakan meski terjadi penurunan pendapatan selama pandemi covid-19, kekuatan pemasaran melalui media sosial sangat membantu meningkatkan penjualan.

Yuli menegaskan tentang pentingnya bantuan berbagai pihak untuk memasarkan produk terutama generasi muda yang sangat mengerti dan paham terhadap perkembangan teknologi.

Kegiatan Bincang Inspirasi tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan Wirakarya Local Heroes Festival 2021 yang bertujuan untuk menumbuhkan industri lokal UMKM Indonesia dan membangun kebanggaan terhadap produk lokal dalam upaya memulihkan ekonomi nasional.

Kegiatan Wirakarya Local Heroes Festival 2021 menyelenggarakan tiga jenis kategori lomba yang dapat diikuti oleh generasi muda, yaitu  empowerment action, live selling dan video advertising.

Pendaftaran ketiga lomba tersebut dapat diakses melalui website www.localhero.id.

Pemenang lomba akan diumumkan pada tanggal 28 Oktober bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda.

Nantinya pemenang sekaligus akan dinobatkan menjadi duta sahabat UMKM.

Kompetisi tersebut disponsori oleh Bank Mandiri dan Smartfren, serta didukung penuh oleh PANDI, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, BPP AKU, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional serta didukung oleh RM.ID selaku media partner.(Red/Jpnn/Nzw)

Komentar