Pemantauan dan Evaluasi Mutu Layanan RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Dilakukan KARS Selama 2 Hari

Daerah, Headline, Kesehatan1165 Dilihat

Kegiatan dibuka dengan pemaparan tentang profil RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid dilanjutkan dengan pemaparan perkembangan upaya mutu dan keselamatan pasien oleh Direktur RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Dr. dr. Kusnanto Saidi, MARS kepada surveior.

Kegiatan pemantauan dan evaluasi mutu layanan ini dilanjutkan dengan melihat seluruh dokumen serta telusur lapangan untuk melihat kesesuaian dengan elemen penilaian Standar Akreditasi Rumah Sakit sesuai Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1128 Tahun 2022.

Kelompok standar akreditasi rumah sakit yang dinilai sebanyak 16 kelompok diantaranya Tata Kelola Rumah Sakit (TKRS), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Manajemen Fasilitas dan Keselamatan Pasien (MFK).

Pelayanan Kefarmasian dan Penggunaan Obat (PKPO) dan Kualifikasi dan Pendidikan Staf (KPS), Pendidikan Pasien dan Keluarga (PPK), Pelayanan Pasien (PP), Akses dan Kontiniutas Pelayanan (AKP), Pelayanan dan Asuhan Pasien (PAP).

Pelayanan Anestesi dan Bedah (PAB), dan Program Nasional (Prognas), Sasaran Keselamatan Pasien (SKP), Komunikasi dan Edukasi (KE), Hak Pasien dan Keterlibatan Keluarga (HPK), Manajemen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (MRMIK), Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI).

Akreditasi ini adalah merupakan kewajiban bagi Rumah Sakit sesuai dengan Undang-undang nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit pasal 40 yang mewajibkan Rumah Sakit dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 tahun sekali oleh lembaga independen baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain Rumah Sakit berkewajiban untuk akreditasi sesuai dengan undang-undang nomor 44 tahun 2009, akreditasi juga merupakan salah satu syarat dapat bekerjasama dengan BPJS, serta salah satu syarat ijin operasional dan penetapan kelas rumah sakit.

Terdapat 4 tingkatan akreditasi yaitu Dasar, Madya, Utama dan yang tertinggi adalah Paripurna, RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi sudah mendapatkan tiga kali gelar paripurna yaitu di tahun 2017, 2019 dan 2023. (ADV-HPI)

Komentar