oleh

P2ES Kota Bekasi Sukses Gelar Seminar Kewirausahaan Dihadiri Anggota DPRD Bang Choi dan Ketua Kadin Kota Bekasi

-Daerah, Nasional, UMKM-242 Dilihat

Kota Bekasi, beritajejakfakta.id – Perhimpunan Pejuang Ekonomi Sejahtera (P2ES) menggelar Seminar Kewirausahaan UMKM dengan tema Berdikari, Inovatif dan Berdaya Saing di Balai Patriot, Kantor Walikota Bekasi, Sabtu (24-09-2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan tambahan ilmu dan wawasan bagi pelaku UMKM yang bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas usahanya sehingga diharapkan UMKM di Kota Bekasi makin berkembang dan maju.

Ketua pelaksana acara, Sofiyah Prilestari, S.Sos, menjelaskan acara seminar kewirausahaan ini sudah melalui gladi resik yang dilakukan sehari sebelumnya dengan tim panitia acara.

“Dan tentunya kami berharap para peserta mendapatkan manfaat dari materi yang disampaikan para narasumber yang kompeten di bidangnya,” jelasnya.

Selain itu, Sofiyah Prilestari yang akrab disapa Sofi yang merupakan Pemimpin Redaksi media beritajejakfakta.id mengatakan bahwa yang hadir di acara sekitar 50 orang peserta pelaku UMKM.

Adapun 4 materi seminar kewirausahaan yang disampaikan di seminar yakni, Pentingnya Riset Pemasaran, Platform Digital Patriot P.O.S, Kiat Sukses Jadi Pengusaha dan Permodalan KUR Syariah.

Para tamu undangan turut meramaikan acara baik dari pejabat dan para sponsor yang hadir memenuhi undangan Dar panitia. Tampak hadir anggota DPRD Kota Bekasi, Chairoman J Putro, Ketua Kadin Kota Bekasi, Mohammad Gunawan, Kordinator TWUP4 , Benny Tunggul.

Sementara Plt Walikota Bekasi, Tri Adhianto dan Ketua DPRD Kota Bekasi, H.M Saifuddaulah berhalangan hadir selanjutnya sambutan dari tamu undangan sangat mengapresiasi dan menilai hal yang positif dengan langkah P2ES membentuk seminar kewirausahaan dengan materi seminar yang bagus.

Selain itu juga diramaikan dengan doorprize dan pembagian Goodiebag untuk para peserta seminar.

“Saya juga berharap, Pemerintah Kota Bekasi dan lembaga legislatif makin memberikan suport dan perhatiannya yang serius untuk mendorong kemajuan UMKM baik secara kualitas produk dan pemasarannya, sehingga UMKM bisa berdaya saing dengan produk dari luar kota Bekasi,” ungkap Ketua panitia yang akrab disapa Sofi.

Sofi juga memberikan kesempatan kepada Ara peserta untuk bergabung di platform digital Patriot P.OS sebagai sarana bagi pengelolaan tata keuangan, persediaan barang dan monitoring pegawai dan bisa mendapatkan akses pembiayaan dari lembaga keuangan.

Seminar kali ini kata Sofi bagian dari Louncing Platform Patriot P.O.S kepada masyarakat terutama memperkenalkan manfaat dari platform digital ini kepada pelaku UMKM.

Platform Digital PatriotP.O.S disampaikan langsung oleh Dirut PT.Iventara, Riatmaja Jamil dengan menjabarkan konsepnya dan peserta pun diberikan waktu untuk bertanya.

Dalam kesempatan yang sama peminat peserta untuk bertanya jawab soal riset marketing, kiat sukses bagaimana peluang usaha yang ada bisa menghasilkan pundi pendapatan lain selain berjualan produk umkm yang disampaikan Aji Ali Sabana dan Naiwan.

Tak kalah menariknya adalah materai riset marketing yang membantu pelaku UMKM yang dibawakan oleh Muchrodji Praktisi Konsultan dan Riset Marketing, tujuannya untuk menganalisa dan mengevaluasi kembali usahanya apakah sudah sesuai dengan kualitas yang diharapkan pelanggan, apa sudah sesuai target dan tepat sasaran.

Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi UMKM dari Pegadaian Syariah yang disampaikan Taufik Akbar menjadi peluang bagi peserta untuk mendapatkan akses permodalan dengan sistem syariah.

Sedangkan anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi PKS, Chairoman J Putro dalam sambutannya lebih menekankan peran pemerintah kota Bekasi dan legislatif dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui stimulus atau program kerja yang mendorong kemajuan UMKM setelah dua tahun mengalami kelesuan akibat pandemi Covid-19.

Ketua Kadin Kota Bekasi, Mohammad Gunawan juga mengapresiasi kegiatan seminar kewirausahaan yang digagas Komunitas P2ES.

“Peran Kadin bersama komunitas UMKM sering berkolaborasi menciptakan kemajuan UMKM melalui berbagai program dari peningkatan kualitas, packaging, perijinan yang memudahkan dan akses pembiayaan,” tutupnya.

Seminar kewirausahaan ini bisa dimanfaatkan dan memberikan motivasi serta dukungannya kepada UMKM agar bangkit kembali dan makin berproduktivitas.

Perhimpunan Pejuang Ekonomi Sejahtera (P2ES) berkerjasama dengan PT. Pejuang Ekonomi Indonesia (PEI), PT Inovasi Intermatika Nusantara (INVENTARA) dan PT. KDI ( Kiprah Daya Inovasi).

Seminar Kewirausahaan menghadirkan pembicara dari berbagai narasumber dengan empat materi ; Platform Digital PatriotPOS merupakan platform digital managerial UMKM yang dibawakan Dirut PT. Iventara, Riset Pemasaran dibawakan oleh Muchrodji, Praktisi Konsultan dan Riset Marketing.

Meteri selanjutnya, Peluang Bisnis dan Kiat Sukses jadi Pengusaha dibawakan Presdir PT. Margajaya Sentosa Abadi dan Naiwan Pengusaha Property dan ke empat pembahasan tentang permodalan KUR Syariah.

Seminar Kewirausahaan ini disponsori oleh;

  1. JNE Ekspres
  2. Dewi Griya Kecantikan
  3. Wardah Cosmetics
  4. Syahrini Family Karaoke
  5. Jus Jambu dari HY
  6. Lontong Medan Kedai Ka Tuti
  7. Lembaga Pembiayaan Finatra
  8. Portal beritajejakfakta.id
  9. Percetakan Multikarya
  10. Pegadaian Syariah Islamic Center Bekasi
  11. Restoran Margajaya
  12. KADIN Kota Bekasi
  13. Organ tunggal HAZ Plus dan Edo Casanova
  14. Muslimmadani/Pexita
  15. Maxim (Wan)

(Wan)

Komentar