Komjen Listyo Sigit Prabowo Disetujui Jadi Kapolri oleh Semua Fraksi Komisi III DPR RI

Jakarta,beritajejakfakta.com -Hasil uji kelayakan dan kepatutan calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo diterima seluruh fraksi di Komisi III DPR RI. Seluruh fraksi semua menyatakan menerima Komjen Listyo Sigit jadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis.

Seluruh fraksi membaca pandangan mini fraksi terhadap uji kelayakan dan kepatutan yang disampaikan Sigit, Rabu (20/1/2021). Sembilan fraksi menyatakan setuju Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. Kesembilan fraksi itu adalah PDI-P, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, Demokrat, PKS, PAN dan PPP.

Dalam rapat pandangan mini fraksi di Komisi III yang dihadiri Komjen Listyo Sigit Prabowo dengan didampingi sejumlah jenderal. Meski disetujui, sejumlah fraksi tetap memberikan catatan kepada Komjen Listyo Sigit Prabowo.

Ketua Komisi III Herman Hery membacakan keputusan rapat bahw Komjen Listyo Sigit Prabowo disetujui menjadi Kapolri. “Berdasarkan pandangan dan catatan fraksi, pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri,” kata Herman Hery.

Herman Hery mengatakan, keputusan Komisi III dalam rapat paripurna dalam waktu terdekat akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan. “Komisi III akan berkirim surat ke pimpinan DPR untuk membawa keputusan terkait Komjen Listyo Sigit Prabowo ke rapat paripurna DPR”, ujarnya.

Dalam pemaparan uji kelayakan dan kepatutan, Komjen Listyo Sigit Prabowo ingin mewujudkan Polri Presisi jika dia nanti menjadi orang nomor satu di tubuh Polri.(red/kompas)

Komentar