Ketum JAPPDI : Pemerintah Harus Komitmen Wujudkan Kedaulatan Pangan dan Ketersediaan Daging Sapi Murah

Daerah, Headline, Nasional791 Dilihat

Kota Bekasi, beritajejakfakta.id – Ketua Umum Jaringan Pemotong dan Pedagang Daging Indonesia (JAPPDI), Drs. H. Asnawi, S.Ag melantik dan mengukuhkan Ketua DPW JAPPDI Jawa Barat (Jabar), Ir. Elis Purnama beserta jajarannya untuk periode 2021-2026, Sabtu, (27/11/2021).


Pembentukan JAPPDI sebagai upaya para pengurus membantu para pemotong sapi dan pedagang daging khususnya anggota JAPPDI yang terhambatnya ketersediaan daging sapi impor akibat terdampak Pandemi Covid-19, yang memicu mahalnya harga sapi siap potong.


Untuk itu Ketum JAPPDI meminta kepada  Pemerintah untuk serius berkomitmen mewujudkan kedaulatan pangan dan mampu bersaing dengan negara lain. 


Menurut H. Asnawi melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian , Pemerintah punya kewajiban memproduksi dan pengadaan sapi dan daging potong melalui pembibitan dan pengembangbiakan sapi lokal.

“Seperti yang pernah dialami pada masa orde baru, kita mampu berswasembada dan ekspor sapi pada era tahun 80 an,” ujarnya.


Untuk itu Pemerintah harus berperan penting dalam pembibitan dan pengembangan ternak sapi lokal agar peternak sapi mendapatkan harga bibit sapi yang murah sehingga  ketersediaan daging untuk kebutuhan nasional tidak tergantung negara lain dan tentunya harganya lebih murah dan Indonesia tidak diintervensi oleh pemodal besar yang mengendalikan harga daging sapi,” tegasnya.

Komentar