oleh

Ketua Pansus 29, Chairoman: Raperda yang mampu mewujudkan kualitas pendidikan yang modern, unggul dan inovatif

Kota Bekasi,beritajejakfakta.id – DPRD Kota Bekasi tengah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan Kota Bekasi yang sedang dibentuk oleh Panitia Khusus (Pansus) 29.

Pembahasan Pansus 29 tersebut terkait dengan subtansi yang berkaitan dengan Raperda yang sedang di bahas, dan ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus diantaranya standar nasional pendidikan, standar kompentensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian. 

Demikian dikatakan Ketua Pansus 29, Chairoman J Putro saat ditemui di ruangan Fraksi PKS DPRD Kota Bekasi, Kamis (14/7/2022).

Chairoman mengatakan ada 5 jalur prestasi dalam pendidikan yaitu prestasi ilmu pengetahuan, tekhnologi, seni budaya, olahraga dan agama.

” Dibahas juga soal strategi – strategi bagaimana mewujudkan pendidikan yang berkualitas yang dikaitkan dengan pengembangan budaya penalaran dan inovasi, digitalisasi dengan memanfaatkan tekhnologi informasi komunikasi,” ungkap Chairoman.

Kata Chairoman akan menjadi peluang besar dalam sistem managemen pendidikan baik data guru, siswa maupun anggarannya dan data lain – lain bisa diintegrasikan dalam data pokok pendidikan (Dapodik).

Diharapkan pemerintah daerah harus lebih mengembangkan tentang pendidikan dengan keunggulan dan kearifan lokal. 

“Itu kita ingin menampilkan pendidikan yang berkualitas modern. Kualitas modern dan berbasis keunggulan daerah karena kualitas pendidikan di suatu daerah berkorelasi sangat erat dengan tingkat kreatifitas dan inovasi. Hal ini menjadi tolak ukur daya saing daerah,” ujarnya.

Sehingga anggaran pendidikan yang dialokasikan sebanyak 30 persen dari nilai APBD Kota Bekasi tahun 2022 harus mampu mewujudkan kualitas pendidikan yang modern, unggul dan inovatif. Serta mampu membuat sistem penjaminan mutu.

Apakah nanti Pemkot Bekasi mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi anggaran pendidikan. Apa saja yang perlu didukung dengan anggaran tersebut?

Komentar