Kemenkes Mulai Mengirim SMS Pemberitahuan Daftar Warga yang Divaksinasi

Kesehatan, Nasional235 Dilihat

Jakarta, beritajejakfakta.com –Kemenkes telah mulai mengirimkan SMS pemberitahuan kepada warga yang terdaftar sebagai penerima vaksin tahap pertama.

Adapun pengiriman SMS pemberitahuan tersebut dimulai sejak Kamis, (31/12/2020).

Mengenai program vaksinasi, Nadia mengungkapkan, SMS pemberitahuan tersebut merupakan SMS edukasi kepada calon penerima vaksin.

“Belum mulai SMS pendaftaran. Edukasi dulu, kalau sudah edukasi baru nanti kalau sudah mendekati (waktu vaksinasi) baru pendaftaran,” ujar Nadia.

Selanjutnya, Kemenkes akan mengirimkan SMS pendaftaran berupa link untuk registrasi.

Di sisi lain, mereka yang sudah menerima SMS edukasi atau merasa dalam kategori tenaga kesehatan dapat mengecek status penerima vaksin melalui situs pedulilindungi.id.

Berikut tata caranya:

1. Pada halaman utama situs tersebut akan tampil menu utama dengan tulisan “Periksa status NIK Anda (saat ini khusus Tenaga Kesehatan) dalam program vaksinasi di sini”.

2. Kemudian pilih “Periksa”.

3. Selanjutnya, masukkan nomor NIK yang tertera pada KTP Anda.

4. Masukkan kode captcha yang tersedia.

5. Klik “Selanjutnya”

6. Apabila Anda telah terdaftar, maka muncul pemberitahuan: “Selamat Anda dengan NIK (nomor NIK Anda) terpilih sebagai calon penerima vaksinasi COVID-19 GRATIS. Vaksin ini aman dan efektif melindungi Anda dan keluarga Anda dari virus COVID-19”.

Namun apabila anda belum terdaftar sebagai penerima vaksin, maka akan muncul pemberitahuan: “Mohon maaf, Anda dengan NIK (nomor NIK Anda) saat ini BELUM termasuk calon penerima vaksinasi COVID-19 GRATIS pada periode ini”. (red/kompas)

Komentar