Kemenag RI Nyatakan Hoax Informasi Soal Gagal Berangkatkan Haji Lantaran Masih Ada Hutang Tagihan

Jakarta, beritajejakfakta.com – Menteri Agama menyatakan beredarnya informasi alasan Pemerintah Indonesia tidak memberangkatkan jamaah haji di tahun 2021 karena masih ada utang tagihan yang belum dilunasi terkait biaya haji adalah hoax.

Dalam siaran persnya, Kamis (3/6/2021), Menag RI, Yaqut Cholil Qoumas menegaskan hal tersebut.

“Setoran pelunasan Bipih dapat diminta kembali oleh jemaah haji yang bersangkutan. Jadi uang jemaah aman. Dana haji aman. Indonesia juga tidak punya utang atau tagihan yang belum dibayar terkait haji. Info soal tagihan yang belum dibayar itu hoax,” ungkapnya.

Dikatakan Menag Yaqut, pembatalan keberangkatan jemaah ini berlaku untuk seluruh warga negara Indonesia (WNI) baik dengan kuota haji Indonesia maupun kuota haji lainnya.

Jemaah haji, reguler dan haji khusus, yang telah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tahun 1441 H/2020 M, akan menjadi jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M.

Menag menyampaikan simpati kepada seluruh jemaah haji yang terdampak pandemi Covid-19 tahun ini. Untuk memudahkan akses informasi masyarakat, selain Siskohat, Kemenag juga telah menyiapkan posko komunikasi di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah. Kemenag juga tengah menyiapkan WA Center yang akan dirilis dalam waktu dekat.

“Keputusan ini pahit. Tapi inilah yang terbaik. Semoga ujian Covid-19 ini segera usai,” pungkas Menag.(SF/Hms)

Komentar