Kecamatan Bantargebang Jadi Tuan Rumah Lomba MTQ XXIII Tingkat Kota Bekasi, Resmi Dibuka Wakil Walikota

Daerah, Metropolitan1014 Dilihat
Kota Bekasi, beritajejakfakta.id – Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto membuka acara pada giat Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIII Tingkat Kota Bekasi Tahun 2021 di Halaman Kantor Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi.

Turut hadir dalam acara pembukaan lomba MTQ ke-23 tingkat Kota Bekasi yakni, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi, Sekretaris Daerah Kota Bekasi Reny Hendrawati, Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Sudarsono, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bekasi, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kota Bekasi, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bekasi, Ketua TWUP4 Kota Bekasi, Ketua TP PKK Kota Bekasi, Pengurus (LPTQ) Kota Bekasi, Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kota Bekasi serta Camat dan Lurah se-Kota Bekasi.

Pembukaan dilaksanakan pada tanggal 27 September 2021 di Kecamatan Bantargebang dan dihadiri secara virtual di 12 (dua belas) kecamatan dan perangkat daerah se-kota Bekasi serta dapat dilihat oleh masyarakat umum melalui Chanel YouTube http:bitly/PemkotBekasiChanel

Asisten Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Daerah Kota Bekasi sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Lomba MTQ tingkat Kota Bekasi, Sudarsono, menyampaikan laporan kegiatan, Giat MTQ ke-23 Tingkat Kota Bekasi Tahun 2021 yaitu “Wujudkan Generasi Milenial Melalui Kegiatan MTQ Untuk Melahirkan Bakat  Qari/Qari’ah Berinsan Qur’ani”, ujar Sudarsono.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menggali putra daerah meraih prestasi di ajang MTQ yang akan dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai dengan 30 September 2021 di Kecamatan Bantargebang Kota Bekasi, mengembangkan kreatifitas kemampuan Qari/Qari’ah dalam memahami dan menghayati isi kandungan Al-Qur’an serta seni baca Al-Qur’an serta terpilihnya Qari-Qari’ah terbaik pada setiap cabang yang di musabaqahkan untuk mewakili kafilah Kota Bekasi dalam mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2023 di Kabupaten Sumedang,” tandasnya.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan MTQ tidak semata menjadi wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Alquran, namun juga menjadi kegiatan yang mampu mengedukasi umat untuk semakin baik dengan membumikan Al-Quran mengajak kesadaran beragama yang humanis dan terbuka.

“Setiap perhelatan MTQ di Kota Bekasi diharapkan menjadi energi penguatan ukhuwah Islamiyyah, ukhuwah Wathaniyah, maupun ukhuwah Insaniyah. ketiga ukhuwah dimaksud berlandaskan semangat persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama, sebagaimana dicontohkan nabi Muhammad SAW,” tutur Tri Adhianto.

“Nilai-nilai islami dan spirit qurani harus dapat menjadi benih yang menumbuhkan sikap dan perilaku baik bagi insan muslim di Kota Bekasi, dilingkungan keluarga, lingkungan sosial, maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih luas,” jelasnya.

Tri pun menambahkan pada hakikatnya MTQ merupakan wujud keinginan membumikan Al-Quran dan menegakan syiar Islam untuk memperkokoh nilai nilai agama dan sendi-sendi kehidupan masyarakat dan bernegara.

“Saya mengingatkan kepada semua pihak bahwa penyelenggaraan MTQ ke-XXIII tingkat Kota Bekasi tahun 2021, dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi pandemi covid-19 dan mengutamakan penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Ia pun berharap tema MTQ XXIII tingkat kota Bekasi tahun 2021 adalah “Wujudkan Generasi Millenial Melalui Kegiatan MTQ Untuk Melahirkan Bakat  Qari/Qariah Berinsan Qur’ani, Melalui MTQ Kota Bekasi mampu melahirkan qori-qoriah, hafiz-hafizah dan mussafir-mufasirrah dari seluruh kecamatan yang siap berkompetisi secara sehat dengan berlandaskan nilai qur’ani yaitu fastabul khairut serta berkompetisi dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif dan berkarakter Islam, tegas Tri Adhianto.

Bidang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) terdiri dari empat bidang yaitu, Bidang Tilawah, Bidang Hifdzil Qur’an, Bidang Tafsir Al-Qur’an dan Bidang Makalah Ilmiah, dari ke empat bidang MTQ yang diperlombakan terdiri dari 15 cabang lomba dengan kategori golongan Putra dan Putri, Utusan masing-masing Kecamatan sebanyak 30 orang kalifah yang didampingi oleh 3 orang Official.

Pelaksanaan Perlombaan di 6(enam) lokasi terdiri dari :

1. Cabang Tilawah Remaja dan Dewasa di Masjidil Ittihad Jl Raya Narogong Km 10 RW 003 RW 001 Kelurahan Bantargebang.

2. Cabang Qiro’at Sa’bah dan Qiro’at Mujawwad di Masjid Ar Ridwan Jl Raya Narogong RT 003 RW 001 Kelurahan Bantargebang.

3. Cabang Musbaqah Menulis Makalah Ilmiah Al Qur’an di Sekolah Masjid Nurul Huda Jl. Nurul Huda RT 002 RW 006 Kelurahan Bantargebang.

4. Cabang Musabaqah Hidzil Quran 10,20,30 Juz di Masjid Nurul Huda RT 002 RW 006 Kelurahan Bantargebang.

5. Cabang Tafsir Bahasa Arab, Indonesia dan Inggris di Masjid Al Hidayah Jl Pangkalan 1a RT 001 RW 005 Kelurahan Bantargebang.

6. Cabang Musabaqah Hidzil Quran 1 dan 5 Juz di Yayasan Al Amaniyah Jl Amd Rawa Gula RT 002 dan RW 006 Kelurahan Bantargebang.

Terakhir, giat diakhiri dengan rangkaian penyerah piala bergilir Lomba MTQ Tingkat Kota Bekasi dari Kecamatan Pondok Gede kepada tuan rumah Kecamatan Bantargebang.(Sf/ Humas)

Komentar