Karena Corona, Nilai Perdagangan Sub-ASEAN Turun

Jakarta, beritajejakfakta.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan nilai perdagangan antar negara sub-regional Asia Tenggara (ASEAN) turun akibat pandemi covid-19. Namun, nilai investasi di sub-regional ini justru naik.


Hal ini terungkap di perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (KTT BIMP-EAGA) ke-14 dan Konferensi Tingkat Tinggi Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (KTT IMT-GT) ke-13 yang digelar secara virtual pada Kamis (28/10) ini. Kedua KTT itu dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pada kerja sama BIMP-EAGA misalnya, tercatat nilai perdagangan keempat negara turun dari US$107,6 miliar pada 2019 menjadi US$95,3 miliar pada 2020. Sementara pada kerja sama IMT-GT, nilai perdagangan ketiga negara turun dari US$368 miliar menjadi US$354,3 miliar pada periode yang sama.

Penurunan juga terjadi pada nilai pariwisata di BIMP-EAGA, yakni dari US$29,7 miliar menjadi US$6,2 miliar. Sementara jumlah kunjungan turis di regional IMT-GT anjlok dari 42,7 juta orang menjadi 8,2 juta orang.

Komentar