Karena Corona, Nilai Perdagangan Sub-ASEAN Turun

Dari jumlah tersebut sekitar 27 proyek sudah selesai, 10 proyek akan selesai pada tahun ini, dan sisanya dalam pengerjaan. Sedangkan pada kerja sama IMT-GT, nilai proyek infrastrukturnya mencapai US$39 miliar.

Terdiri dari 14 proyek yang sudah selesai dan 33 proyek masih dalam tahap pengerjaan. Proyek yang sudah selesai berasal dari Indonesia sebanyak 5 proyek, Malaysia 3 proyek, dan Thailand 6 proyek.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan ada beberapa arahan dari Presiden Jokowi untuk masing-masing kerja sama sub-regional. Kepala negara meminta pembangunan proyek infrastruktur segera diselesaikan sehingga bisa menstimulasi pertumbuhan ekonomi di kawasan.

Selain itu, Jokowi juga meminta agar ada pengembangan sektor agrikultur yang berkelanjutan dan inklusif. Jokowi turut menyampaikan bahwa Indonesia tengah membangun lumbung pangan (food estate) di Kalimantan Tengah seluas 30 ribu hektare.

Kemudian, mantan gubernur DKI Jakarta itu juga meminta agar digitalisasi UMKM menjadi prioritas pada masa pandemi karena bisa memperluas akses pasar produk pengusaha kecil. Tak ketinggalan, ia juga meminta agar para negara sub-regional memperkuat ekonomi hijau karena bisa menjadi sumber ekonomi baru ke depan. (Red/Cnn/Ptr)

Komentar