Hadir Facebook Type Cs, Apa Keuntungan untuk UMKM RI?

Nasional, UMKM1436 Dilihat

Foto: Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM

Jakarta, beritajejakfakta.id – Berbagai platform digital kini melekat erat dengan usaha mikro kecil menengah (UMKM). Sebut saja ada Facebook, Gojek, Grab dan lain sebagainya.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki pun angkat bicara seberapa besar peran mereka terhadap bisnis UMKM.

“Selama ini mereka bersama kita banyak melakukan pendampingan, pelatihan, kurasi produk supaya UMKM kita bisa on boarding. Walaupun memang tantangan di e-commerce ini tidak mudah, karena di sini kita juga harus bersaing dengan produk-produk dengan brand kuat, dari industri juga, termasuk juga kapasitas produksi. Sebab, apabila tidak memenuhi kebutuhan pasar dalam waktu cepat ya ditinggal,” katanya dalam acara Blak-blakan detikcom, Jumat (29/10/2021).

Teten melanjutkan, saat ini pihaknya bekerjasama juga dengan aplikasi belanja online lintas negara (e-commerce cross border). Langkah ini sebagai upaya mendorong UMKM tembus pasar internasional alias go global. Apalagi, dia menambahkan, tren ritel ekspor lewat e-commerce saat ini tinggi.

“Karena orang dengan memanfaatkan sistem logistiknya e-commerce ekspor itu jadi murah, meskipun retail biaya logistiknya,” terangnya.

Komentar